3 Fungsi Penilaian yang Wajib Dipahami oleh Guru

Bertema.com – 3 Fungsi Penilaian yang Wajib Dipahami oleh Guru.

Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi guna mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Pengumpulan informasi dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik penilaian dan berbagai instrumen.

Selama ini penilaian yang dilakukan hanya cenderung mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian seakan-akan terpisah dari proses pembelajaran.

Namun sebenarnya pemanfaatan penilaian bukan hanya sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Justru yang terpenting adalah bagaimana penilaian mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar.

Dalam konteks pembelajaran dewasa ini, penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan. Pertama, assessment of learning atau penilaian akhir pembelajaran. Kedua, assessment for learning atau penilaian untuk pembelajaran. Ketiga, assessment as learning atau penilaian sebagai pembelajaran.

Assessment of learning adalah penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Dalam hal ini selesainya proses pembelajaran tidak selalu terjadi di akhir tahun. Juga tidak pada saat peserta didik menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu.

Pelaksanaan assessment of learning terjadi manakala pendidik melakukan penilaian yang bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian hasil belajar.

Penilaian ini dilakukan setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan melalui berbagai bentuk penilaian sumatif. Misalnya penilaian akhir semester, penilaian kenaikan kelas, ujian sekolah maupun Ujian Nasional.

Untuk assessment for learning dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung yang lazim digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki kegiatan proses pembelajaran.

Pada assessment for learning pendidik memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran dan memantau kemajuan serta menentukan kemajuan belajar peserta didik.

Assessment for learning juga dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk meningkatkan kinerja peserta didik. Bentuk assessment for learning atau penilaian untuk proses belajar terlihat pada saat peserta didik melaksanakan penugasan, presentasi, proyek, termasuk kuis.

Baca Juga:

3 Fungsi Penilaian yang Wajib Dipahami oleh Guru

Sedangkan Assessment as learning berfungsi sebagai penilaian formatif dan dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung.

Dalam pelaksanaannya, assessment as learning melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Peserta didik diberi kesempatan untuk belajar menjadi penilai bagi dirinya sendiri (self assessment).

Penilaian diri (self assessment) dan penilaian antarteman menjadi contoh kegiatan assessment as learning.

Dalam kegiatan ini peserta didik dilibatkan dalam merumuskan prosedur penilaian, kriteria, maupun rubrik/pedoman penilaian. Dengan demikian peserta didik mengetahui dengan pasti apa yang harus dikerjakan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal.

Selama ini assessment of learning paling dominan dilakukan oleh pendidik dibandingkan assessment for learning dan assessment as learning.

Namun sebetulnya penilaian pencapaian hasil belajar seharusnya lebih mengutamakan assessment as learning dan assessment for learning dibandingkan assessment of learning.

Demikianlah ulasan terkait 3 Fungsi Penilaian yang Wajib Dipahami oleh Guru, semoga bermanfaat.

Sumber: Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan , Kemdikbud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: