Besaran Gaji PPPK, Lengkap dengan Tunjangannya

Bertema.com – Besaran Gaji PPPK.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu,

yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Dengan demikian berarti Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK adalah bagian dari Aparatur Sipil Negara Atau ASN.

Telah kita ketahui bersama bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),

telah mengumumkan akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama. 

Berhubung PPPK juga termasuk dalam Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Utama, JPT Madya, dan Jabatan Fungsional (JF).

Adapun jabatan yang dapat diisi adalah jabatan yang kompetensinya tidak tersedia atau terbatas di kalangan PNS.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK yang diangkat untuk melaksanakan tugas jabatan diberikan Gaji yang besarannya didasarkan golongan dan masa kerja golongan.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020, Tentang Gaji dan Tunjangan PPPK, besaran Gaji PPPK

merupakan besaran Gaji sebelum dikenakan pemotongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pajak penghasilan.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK  dapat diberikan kenaikan Gaji berkala atau kenaikan Gaji istimewa yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun besaran kenaikan Gaji berkala atau kenaikan Gaji istimewa diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020.

Besaran Gaji Tunjangan PPPK

Besaran Gaji PPPK

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK yang diangkat untuk melaksanakan tugas jabatan diberikan tunjangan sesuai dengan tunjangan Pegawai Negeri Sipil pada Instansi Pemerintah tempat PPPK bekerja.

Sedangkan tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK terdiri atas:

a. tunjangan keluarga;
b. tunjangan pangan;
c. tunjangan jabatan struktural;
d. tunjangan jabatan fungsional; atau
e. tunjangan lainnya.

Gaji dan Tunjangan yang diterima PPPK dikenakan pemotongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pajak penghasilan dan tidak ditanggung oleh pemerintah.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 Tentang Besaran Gaji bagi  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK, Struktur penggajian berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil Atau PNS. 

Pada tabel daftar gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK terdapat 17 golongan yaitu golongan 1 sampai dengan golongan 17.

Dimana besaran gaji pokok golongan 1 dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp. 1.794.900,- sedangkan golongan 17 dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp. 6.766.500,-

Selengkapnya besaran gaji pokok Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK dapat anda unduh di sini

Demikian informasi terkait Besaran Gaji Tunjangan PPPK, selamat bagi anda yang telah lolos seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK beberapa waktu yang lalu.