BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana K 13 Revisi

Bertema.com – BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana K 13 Revisi.

Implementasi Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh.

Proses pencapaian kompetensi dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan.

Melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Dengan BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa.

Guru dapat mengembangkan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku Guru BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana memberikan gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Lewat Buku Guru BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana, guru terbantu dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya.

Pada Buku Guru BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana ini memuat:

1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pe lajaran.

2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembe lajaran yang menyatu dan mengalir.

3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku posi tif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik. berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif.

4. Berbagai teknik penilaian siswa.

5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.

6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.

7. Petunjuk penggunaan buku siswa.

BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana K 13 Revisi

Manfaat Buku Guru BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana memberikan rambu-rambu kepada guru dalam berbagai aktivitas.

1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya.

2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengor-ganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).

3. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.

4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.

5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.

6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.

7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.

Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya siswa bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar).

Pada setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema. Setiap subtema diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.

Tiga subtema diselesaikan dalam jangka waktu 3 minggu, kegiatan minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.

Secara khusus, setiap tema Buku Siswa, terdapat lembar belajar di rumah yang berisi materi, aktivitas belajar anak bersama orang tua.

Selain itu buku guru BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana berisi saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua.

Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah.

BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana K 13 Revisi

Berikut ini admin juga kutipkan Kompetensi Inti (KI) Kelas 3 SD/MI.

KI-1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya..

KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga. serta cinta tanah air.

KI-3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba. berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah. dan tempat bermain.

KI-4: Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat. dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Bagi Anda yang membutuhkan Buku Guru BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Baca Juga:

1. Buku Guru kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

2. Buku Guru kelas 3 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

3. Buku Guru kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku

4. Buku Guru kelas 3 Tema 4 Hak dan Kewajibanku

5. Buku Guru kelas 3 Tema 5 Cuaca

6. Buku Guru kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya

7. Buku Guru kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi

Semoga Buku Guru BG Kelas 3 Tema-8 Praja Muda Karana bermanfaat bagi para guru serta pemerhati pendidikan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.