Jadwal PPDB TK SD SMP Kota Semarang 2018 2019

Bertema.com – Jadwal PPDB TK SD SMP Kota Semarang 2018 2019.

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB TK, SD dan SMP Negeri Kota Semarang dilakukan secara online melalui laman http://ppd.semarangkota.go.id. Terdapat 327 SD Negeri dengan total daya tampung PPDB sebanyak 141.396 siswa. Sedangkan jenjang SMP terdapat 44 SMP Negeri di Kota Semarang dengan total daya tampung PPDB sebanyak 11.184 siswa.  Jadwal PPDB TK SD SMP Kota Semarang 2018 2019.

Merujuk pada permendikbud nomor 14 Tahun 2018 tentang Juknis Penerimaan Pesert Didik Baru. PPDB TK, SD dan SMP Negeri Kota Semarang juga menerapkan sistem zonasi. Daftar zonasi untuk jenjang SD Negeri dapat anda lihat pada laman: https://ppd.semarangkota.go.id/sd. Sedangkan daftar zonasi untuk jenjang SMP Negeri Kota Semarang dapat anda lihat pada laman: https://ppd.semarangkota.go.id/smp.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh calon peserta didik baru jenjang TK, SD, dan SMP Negeri Kota Semarang.

Pertama, Pendaftaran Online Mandiri jenjang SMP

Cara pendaftaran online dengan masuk ke laman http://ppd.semarangkota.go.id. Silahkan memilih pendaftaran pada jenjang TK Negeri, SD Negeri atau SMP Negeri. Selanjutnya pilih menu Pendaftaran kemudian ikuti perintah sesuai petunjuk.

Pendaftar dari eks-Karesidenan Semarang (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Grobogan, Kendal dan Demak) dapat langsung mengisi formulir pendaftaran online. Sedangkan yang bukan lulusan dari eks-Karesidenan Semarang diharuskan mencatatkan data awal terlebih dahulu melalui panitia PPD sekolah yang akan dipilih.

Sebelum mendaftar pada jenjang SMP, dokumen yang harus dipersiapkan adalah:

  1. Kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  2. KPUS atau Kartu Peserta Ujian Sekolah .
  3. Kartu Keluarga (KK).
  4. SHUS atau Surat Keterangan Lulus atau SKHUS
  5. Piagam Penghargaan atau Sertifikat kejuaraan, jika ada.

Setelah melakukan pendaftaran secara online, anda harus mencetak formulir pendaftaran, formulir daftar periksa dokmumen pendaftaran, dan surat pernyataan kebenaran data.

Jangan lupa menyimpan kata sandi, karena Anda akan memerlukan pada saat melakukan perbaikan data dan atau mencetak dokumen hasil pendaftaran.

Baca Juga:

Kedua, Verifikasi Data Pendaftaran

Dokumen yang dibawa pada saat verifikasi dan pendaftaran adalah:

  1. Foto berwarna/hitam putih terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.
  2. Cetakan (print out) FORMULIR PENDAFTARAN yang telah ditandatangani.
  3. Cetakan (print out) FORMULIR DAFTAR PERIKSA DOKUMEN PENDAFTARAN.
  4. Cetakan (print out) SURAT PERNYATAAN KEBENARAN DATA bermaterai 6000 yang telah ditandatangani.
  5. Foto copy Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2 lembar dan menunjukkan aslinya.
  6. Foto copy SHUSBN SD atau bentuk lain yang sederajat.
  7. Membawa piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan
  8. Surat keterangan anak guru yang diterbitkan oleh kepala sekolah dari guru yang bersangkutan bertugas.
  9. Surat keterangan peserta didik yang berkebutuhan khusus dalam zona terdekat dari dokter dan/atau diasesmen (mendapatkan penilaian) psikolog profesional.

Setelah melakukan verifikasi dan pendaftaran, anda akan memperoleh Cetakan (print out) BUKTI PENDAFTARAN yang sudah disahkan oleh panitia PPDB sekolah.

Ketiga, Pencabutan Berkas Pendaftaran 

Dokumen yang harus dibawa pada saat pencabutan berkas pendaftaran adalah BUKTI PENDAFTARAN yang disahkan oleh panitia PPD sekolah. Setelah berkas dicabut anda akan memperoleh Cetakan (print out) BUKTI PENCABUTAN BERKAS yang telah disahkan oleh panitia PPDB sekolah. Serta berkas pendaftaran milik anda.

Setelah Berkas Pendaftaran dicabut, maka data pendaftar sudah tidak muncul lagi pada menu REKAPITULASI PENDAFTARAN dan JURNAL PENDAFTARAN.

Anda dapat melakukan pendaftaran online lagi selama masa pendaftaran masih berlangsung seperti saat awal Anda mendaftar. Dan dilanjutkan proses verifikasi pendaftaran di sekolah pilihan 1.

Setelah masa pendaftaran selesai sebelum pengumuman hasil seleksi, pencabutan berkas pendaftaran tidak bisa dilakukan lagi dengan alasan apapun.

Pencabutan berkas setelah masa pendaftaran selesai karena mengundurkan diri atau tidak diterima dapat dilakukan setelah hasil seleksi PPD diumumkan.

Berikut admin tampilkan Jadwal PPDB TK SD SMP Kota Semarang 2018 2019

Jadwal PPDB TK SD SMP Kota Semarang 2018 2019

Infomasi Pendaftaran Peserta Didik Baru jenjang TK Negeri dapat lihat di laman https://ppd.semarangkota.go.id/tk. Sedangkan untuk SD Negeri pada laman https://ppd.semarangkota.go.id/sd.

Demikian sekilas informasi terkait Jadwal PPDB TK SD SMP Kota Semarang 2018 2019 semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *