Kaldik Provinsi DKI Jakarta 2020 2021

Bertema.com – Kaldik Provinsi DKI Jakarta 2020 2021.

Dalam rangka peningkatan pelayanan pendidikan yang baik serta mewujudkan keserasian langkah seluruh sekolah di DKI Jakarta dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran diperlukan pengaturan rentang waktu pembelajaran yang cukup.

Permulaan tahun pelajaran 2020 2021 sekolah – sekolah di Provinsi DKI Jakarta hari Senin, 13 Juli 2020.

Hari-hari pertama masuk sekolah merupakan serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun pelajaran baru dimulai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Diisi dengan kegiatan antara lain:

1. Kegiatan MPLS untuk pengenalan satuan pendidikan (program, struktur, tata tertib, dan lain lain), penanaman konsep pengenalan diri peserta didik

dan kegiatan keagamaan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, cara belajar dan sistem pembelajaran, kegiatan kesiswaan, PBB,

pembentukan pengurus kelas, pembagian kelompok belajar yang dipandu oleh panitia dan/atau wali kelas.

Semua kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) peserta didik dilaksanakan dengan kegiatan pembiasaan dan pengembangan diri yang dilandasi nilai-nilai karakter.

2. Menetapkan pengurus kelas, pembentukan kelompok belajar, menyusun tata tertib kelas, kegiatan keagamaan, dan dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran.

3. Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan tidak diperkenankan melakukan kegiatan yang mengarah pada kekerasan fisik. dan mental yang dapat membahayakan keselamatan peserta didik baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan.

4. Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru pada satuan pendidikan berlangsung mulai hari Senin, 13 Juli 2020 dan berakhir hari Rabu, 15 Juli 2020.

Kaldik Provinsi DKI Jakarta

Kaldik Provinsi DKI Jakarta 2020 2021

Kepala satuan pendidikan berkewajiban membuat program sebelum dimulainya tahun pelajaran baru harus sudah selesai pada 10 Juli 2020, mencakup:

1. Rencana Kerja Satuan Pendidikan.

2. Kalender Pendidikan.

3. Perencanaan Pembelajaran.

4. Pelaksanaan Proses Pembelajaran.

5. Penilaian Hasil Pembelajaran.

6. Pengawasan Proses Pembelajaran.

7. Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Satuan Pendidikan, meliputi:

a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

b. Struktur Organisasi Satuan Pendidikan.

c. Pembagian Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

d. Peraturan Akademik.

e. Tata Tertib Satuan Pendidikan (Tata Tertib Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik).

f. Tata Tertib Pengaturan Penggunaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.

g. Adanya sinkronisasi kurikulum SMK dengan DU/DI.

Kaldik Provinsi DKI Jakarta

Waktu Kegiatan Pembelajaran

1. Untuk Enam Hari Sekolah (EHS)

Jumlah hari pembelajaran efektif dalam 1 (satu) tahun pelajaran sekurang-kurangnya 216 (dua ratus enam belas) hari belajar

dan sebanyak-banyaknya 245 (dua ratus empat puluh lima) hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

2. Untuk Lima Hari Sekolah (LHS)

Jumlah hari pembelajaran efektif dalam 1 (satu) tahun pelajaran sekurang-kurangnya 180 (seratus delapan puluh) hari belajar

dan sebanyak-banyaknya 210 (dua ratus sepuluh) hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Waktu pembelajaran efektif adalah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi:

1. jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.

2. Beban belajar kegiatan tatap muka keseluruhan untuk setiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut:

a. SD dan SMP:

1) Jumlah waktu pembelajaran per minggu untuk kelas I (satu) sampai dengan kelas III (tiga masing-masing minimum sebanyak 32 jam (1152 Jam pembelajaran),

untuk kelas IV (empat) – VI (enam) sebanyak 36 jam jam (1296 Jam Pelajaran), dengan alokasi waktu 35 menit per jam pembelajaran tatap muka.

2) Jumlah waktu pembelajaran per minggu untuk kelas VII (tujuh) – IX (sembilan) minimal sebanyak 38 jam (1368 Jam pembelajaran). dengan alokasi waktu 40 menit per jam pembelajaran tatap muka.

SMA:

1) Jumlah waktu pembelajaran per minggu untuk kelas X (sepuluh) sebanyak 42 jam pelajaran. kelas XI (sebelas) sebanyak 44 jam pelajaran dan kelas XII (dua belas) sebanyak 44 jam pembelajaran dengan alokasi waktu tiap jam pelajaran 45 menit.

2) Jumlah waktu pembelajaran minimum per tahun untuk kelas X (sepuluh) sebanyak 1.512 jam pelajaran, kelas XI (sebelas) sebanyak 1.584 jam pelajaran

dan kelas XII (dua belas) sebanyak 1.496 jam pembelajaran. 3) Minggu efektif per tahun pelajaran untuk kelas X (sepuluh) sebanyak 36 minggu, kelas XI (sebelas) sebanyak 36 minggu dan Kelas XII (dua belas) 34 minggu.

SMK:

1) Jumlah waktu pembelajaran per minggu untuk kelas X (sepuluh) sebanyak 46 jam pelajaran. kelas XI (sebelas) sebanyak 48 jam pelajaran dan kelas XII (dua belas) sebanyak 48 jam pembelajaran dengan alokasi waktu tiap jam pelajaran 45 menit.

2) Jumlah waktu pembelajaran minimum per tahun untuk kelas X (sepuluh) sebanyak 1.656 jam pelajaran. kelas XI (sebelas) sebanyak 1.728 jam pelajaran dan kelas XII (dua belas) sebanyak 1.632 jam pembelajaran.

3) Minggu efektif per tahun pelajaran untuk kelas X (sepuluh) sebanyak 36 minggu. kelas XI (sebelas) sebanyak 36 minggu dan Kelas XII (dua belas) 34 minggu.

Kaldik Provinsi DKI Jakarta

Waktu Penyelenggaraan pendidikan

1. Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan kegiatan pendidikan 5 (lima) atau 6 (enam) hari pembelajaran dengan ketentuan jumlah jam pembelajaran per minggu.

2. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan 5 (lima) hari pembelajaran per minggu harus mendapatkan izin dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

3. SMA :

a. Untuk kegiatan pendidikan 5 (lima) hari sekolah jam tatap muka per hari sebanyak 9 jam pelajaran;

b. Untuk kegiatan pendidikan 6 (enam) hari sekolah jam tatap muka per hari sebanyak 8 jam pelajaran;

SMK :

a. Untuk kegiatan pendidikan 5 (lima) hari sekolah jam tatap muka per hari sebanyak 10 jam pelajaran;

b. Untuk kegiatan pendidikan 6 (enam) hari sekolah jam tatap muka per hari sebanyak 8 jam pelajaran;

Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan menggunakan kurikulum satuan pendidikan (Kurikulum 2013) mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

2. Waktu pembelajaran efektif bagi satuan pendidikan yang masuk pagi dimulai antara pukul 06.30 WIB – 07.00 WIB (disesuaikan dengan kondisi geografis masing-masing Kabupaten/Kota).

3. Satuan pendidikan yang gedungnya digunakan untuk kegiatan pembelajaran pagi dan sore. kepala satuan pendidikan yang bersangkutan harus melapor kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi untuk pengaturan waktu masuk satuan pendidikan.

Kegiatan Tengah Semester

1. Tengah Semester adalah penggalan paruh waktu yang ada pada semester ganjil dan semester genap.

2. Pada Kegiatan Tengah Semester Ganjil dan Semester Genap satuan pendidikan melakukan kegiatan pekan olahraga dan seni (Porseni), karyawisata,

lomba kreativitas atau praktik pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi

dan kreativitas peserta didik dalam rangka mengembangkan pendidikan anak seutuhnya.

3. Satuan Pendidikan melaksanakan kegiatan Tengah Semester setelah penilaian tengah semester, direncanakan, yaitu:

a. Kegiatan Tengah Semester Ganjil dilaksanakan pada bulan September 2020.

b. Kegiatan Tengah Semester Genap dilaksanakan pada bulan Maret 2021

Kaldik Provinsi DKI Jakarta

Penilaian Hasil Belajar

Penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.

Jenis-jenis Penilaian:

a. Penilaian harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih.

b. Penilaian Tengah Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.

Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada periode tersebut.

c. Penilaian Akhir Semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil.

Cakupan penilaian meliputi indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut.

d. Penilaian Kenaikan Kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik diakhir semester genap

untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket.

Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut.

e. Nilai pada buku laporan pendidikan semester ganjil/semester genap dan akhlak serta kepribadian menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan kenaikan kelas.

f. Penilaian akhir pada satuan pendidikan dilaksanakan melalui Ujian Sekolah atau bentuk lainnya

Penilaian harian, Penilaian tengah semester, dan Penilaian akhir semester merupakan tugas dan tanggung jawab pendidik yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Sedangkan Penilaian Akhir Semester dan persiapan penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar dilaksanakan Penilaian Akhir Semester:

1) Semester Ganjil tanggal 7 s.d 12 Desember 2020.

2) Semester Genap tanggal 14 s.d 19 Juni 2021.

Penyerahan Buku Rapot Dan Hari Libur Sekolah

Penanggalan dan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik diatur sebagai berikut :

a. Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar semester ganjil EHS dan LHS tanggal 19 Desember 2020.

b. Penanggalan Buku Laporan Hasil Belajar semester genap EHS dan LHS tanggal 26 Juni 2021.

Hari libur sekolah adalah hari yang ditetapkan untuk tidak diadakan proses pembelajaran di satuan pendidikan.

Yang terdiri atas hari libur semester, hari libur bulan Ramadhan, hari libur khusus dan hari libur umum.

Akhir tahun pelajaran 2020 2021 adalah hari Sabtu tanggal 19 Juni 2021.

Kaldik Provinsi DKI Jakarta 2020 2021 selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Kaldik Provinsi DKI Jakarta

Baca Juga:

1. Kaldik Provinsi Aceh Tahun Pelajaran 2020 2021

2. Kaldik Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2020 2021

3. Kaldik Provinsi Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2020 2021

4. Kaldik Provinsi Riau Tahun Pelajaran 2020 2021

5. Kaldik Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun Pelajaran 2020 2021

6. Kaldik Provinsi Bengkulu Tahun Pelajaran 2020 2021

7. Kaldik Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2020 2021

8. Kaldik Provinsi Kep. Bangka Belitung Tahun Pelajaran 2020 2021

9. Kaldik Provinsi Sumatera Selatan Tahun Pelajaran

10. Kaldik Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2020 2021

11. Kaldik Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2020 2021

12. Kaldik Provinsi DKI Jakarta Tahun Pelajaran

13. Kaldik Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2020 2021

14. Kaldik Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2020 2021

15. Kaldik Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2020 2021

16. Kaldik Provinsi DIY Tahun Pelajaran 2020 2021

17. Kaldik Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2020 2021

18. Kaldik Provinsi NTB Tahun Pelajaran 2020 2021

19. Kaldik Provinsi NTT Tahun Pelajaran 2020 2021

20. Kaldik Provinsi Kalimantan Barat Tahun Pelajaran 2020 2021

21. Kaldik Provinsi Kalimantan Utara Tahun Pelajaran 2020 2021

22. Kaldik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020 2021

23. Kaldik Provinsi Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2020 2021

24. Kaldik Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Pelajaran 2020 2021

25. Kaldik Provinsi Sulawesi Barat Tahun Pelajaran 2020 2021

26. Kaldik Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Pelajaran 2020 2021

27. Kaldik Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Pelajaran 2020 2021

28. Kaldik Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Pelajaran 2020 2021

29. Kaldik Provinsi Sulawesi Utara Tahun Pelajaran 2020 2021

30. Kaldik Provinsi GorontaloTahun Pelajaran 2020 2021

31. Kaldik Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2020 2021

32. Kaldik Provinsi Maluku Utara Tahun Pelajaran 2020 2021

33. Kaldik Provinsi Papua Tahun Pelajaran 2020 2021

34 Kaldik Provinsi Papua Barat Tahun Pelajaran 2020 2021

35. Kaldik Madrasah MI MTS MA Tahun Pelajaran 2020 2021

Demikian informasi terkait Kaldik Provinsi DKI Jakarta 2020 2021. Semoga bermanfaat.