Model Project Based Learning PjBL dalam Pembelajaran IPS

Bertema.com-Model Project Based Learning PjBL dalam Pembelajaran IPS.

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada jenjang Sekolah Menengah Pertama SMP. Hal ini terbukti dengan masuknya mata pelajaran IPS dalam struktur kurikulum nasional pada kelompok utama.

Pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat disiplin ilmu tersebut dipadukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang. Serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Pelajaran IPS memang sarat akan materi. Materi geografi mempelajari tentang objek fisik dan non fisik, meliputi biosfer, atmosfer, hidrofer, seisme bahkan tentang penduduk dan aktivitasnya. Ekonomi dimulai dengan membahas perdagangan barter sampai dengan sistem perdangan modern. Sosiologi membahas hubungan manusia dari lingkungan keluarga, mayarakat sampai kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan sejarah ilmu sejarah mempelajari masa praaksara sampai dengan masa digital atau milenial.

Keempat disiplin ilmu tersebut harus dikuasai oleh peserta didik dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran setiap minggunya. Saking saratnya, materi pelajaran IPS ini dianggap oleh sebagian peserta didik sebagai pelajaran yang sulit dikuasai. Apalagi ada pula yang beranggapan bahwa IPS mengandalkan hafalan dalam upaya memahaminya sehingga membosankan.

Pendapat tersebut tidaklah salah, mengingat IPS merupakan ilmu sosial. Tetapi juga tidak semuanya benar, karena IPS juga merupakan pelajaran terapan. Artinya dalam mempelajari IPS peserta didik dapat secara langsung menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

Beban yang diemban oleh guru IPS dalam menyampaikan materi pembelajaran juga cukup berat. Jarang guru IPS yang memiliki keempat disiplin ilmu tersebut. Sehingga guru IPS harus belajar lebih giat lagi untuk memahami materi yang nantinya akan disajikan dalam pembelajaran.

Baca Juga:

Model Project Based Learning PjBL dalam Pembelajaran IPS

Selain itu, guru IPS juga harus pandai dalam memilih model pembelajaran yang tepat. Ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran menjadikan pembelajaran IPS lebih bermakna dan menyenangkan.

Kurikulum 2013 atau K13 berorientasi penuh pada pencapaian kompetensi peserta didik secara utuh. Hal ini juga berlaku untuk mata pelajaran IPS yang dalam rangka mencapai kompetensi berpedoman pada standar kompetensi lulusan atau SKL.

Dalam pembejaran pada K13 guru diharapkan menggunakan metoda saintifik atau menggunakan langkah-langkah ilmiah. Yaitu mulai dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan.

Salah satu model pembelajaran patut dicoba olah para guru IPS adalah Project Based Learning atau PjBL (Pembelajaran Berbasis Proyek). Project Based Learning atau PjBL adalah pembelajaran yang menggunakan proyek/ kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Dalam Project Based Leraning atau PjBL, pembelajaran diawali dengan menentukan masalah. Masalah utama digunakan sebagai upaya dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam beraktifitas secara nyata. Di sini kreativitas guru diuji, bisa atau tidak menemukan masalah yang nantinya akan dipecahkan dalam proses pembelajaran.

Ketika guru mampu menemukan permasalahan yang kompleks yang aktual, maka dapat mendorong peserta didik dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya. Melalui PjBL, proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun dan membimbing peserta didik dalam sebuah proyek.

Manakala pertanyaan penuntun dapat terjawab, maka peserta didik dapat melihat berbagai elemen utama. Sekaligus berbagai prinsip dalam sebuah disiplin ilmu yang sedang dikajinya.

PjBL merupakan investigasi mendalam tentang sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan usaha peserta didik.

Demikianlah sekilas informasi terkait Model Project Based Learning PjBL dalam Pembelajaran IPS, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *