Modul Pendamping Guru PJJ Kelas 6

Bertema.com – Modul Pendamping Guru PJJ Kelas 6.

Sejak terjadinya Pandemi Covid-19, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka para guru harus menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ)

Para guru harus melakukan adaptasi terhadap kurikulum dan tentunya berupaya sekuat tenaga agar para siswa tetap belajar secara bermakna walaupun penuh tantangan.

Selain itu para guru juga harus mampu meningkatkan partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran.

Hal ini merupakan saat yang tepat untuk menjalin sinergitas antara guru, siswa dan orang tua agar pembelajaran dapat dilakukan dimanapun mereka berada.

Pada masa Adaptasi Kegiatan baru ini para guru mendapat tantangan baru dalam melaksanakan pembelajaran, yang semula dilaksanakan dengan tatap muka sekarang dengan daring.

Agar para guru melaksanakan pembelajaran secara optimal, maka disusunlah Modul Pendampingan bagi guru dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Modul Pendamping Guru PJJ Kelas 1

Modul Pendamping Guru PJJ Kelas 6

Dengan Modul pendamping guru dalam proses pembelajaran jarak jauh ini membantu para guru dalam merancang kegiatan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan kondisi siswa dan keluarganya.

Pada dasarnya pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan literasi siswa tetap perlu terselenggara dalam masa adaptasi baru ini.

Literasi merupakan kecakapan mendasar yang membekali siswa dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan.

Kecakapan literasi dapat membangun kecakapan hidup dan meningkatkan ketahanan siswa dalam masa adaptassi baru ini.

Pada saat pembelajaran tidak dapat berjalan dengan normal, maka muatan literasi perlu diintegrasikan dalam kegiatan harian siswa bersama keluarga, sehingga menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermakna.

Modul pendampingan pembelajaran jarak jauh ini memberikan inspirasi kepada para guru untuk merancang kegiatan literasi melalui tahapan sebagai berikut:

1. Memetakan kompetensi dasar yang esensial pada semua mata pelajaran.

2. Menurunkan kometensi dasar esensial lintas mata pelajaran dalam tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dalam rentang waktu yang memungkinkan, misalnya perminggu.

3. Merancang materi pembelajaran dengan tema yang kontekstual dengan rutinitas kehidupan siswa.

4. Memilih media pembelajaran yang menarik, mudah didapat, dan kontekstual dengan pengalaman keseharian siswa.

5. Merancang langkah-langkah pembelajaran harian dengan tujuan yang dapat diukur oleh orang tua siswa.

Cara Menggunakan Modul

Modul ini dapat digunakan dalam kondisi belajar dengan fasilitas daring maupun luring. 

Apabila guru memiliki fasilitas daring, guru dapat memperkaya wacana modul ini dengan bahan bacaan daring melalui tautan yang tersedia.

Namun apabila siswa tidak memiliki akses fasilitas daring, maka:

1. Guru mendistribusikan modul siswa dan modul orang tuaper minggu kepada orang tua sebelum pembelajaran dimulai. Guru dapatmengundang orang tua ke sekolah untuk mengambil modul siswa dan modul orang tua siswa.

2. Saat mendistribusikan modul siswa dan modul orang tua, guru menerima modul siswa yang berisi lembar kerja yang telah dikerjakan siswa di rumah pada minggu sebelumnya.

3. Guru memanfaatkan pertemuan dengan orang tua untuk membagi tips pembelajaran dan pendampingan belajar di rumah. Guru juga memberikan konsultasi terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi siswa ketika belajar di rumah.

4. Memberikan contoh cara mendampingi siswa mempelajari modul siswa secara terintegrasi dengan kegiatan rutin siswadan orang tua di rumah. Misalnya kegiatan literasi dapat dilakukan dalam 3 sesi, 35 menit di pagi hari, 35 menit siang hari dan 35 menit malam hari.

5. Mengingatkan orang tua untuk terus mendampingi, mengawasi siswa dalam mengerjakan modul serta memberikan bantuan bilamana perlu.

6. Mengingatkan orang tua agar tidak memaksakan anak untuk menuntaskan mengerjakan modul, seandainya anak mengalami kesulitan dan orang tua tidak dapat membantu.

7. Memberikan penguatan dan peningkatan kapasitas orang tua untuk dapat mendampingi siswa belajar dengan cara baik, komunkatif, dan mudah dipahami.

8. Tetap memperhatikan kondisi kesejahteraan dan kemampuan orang tua. Guru sebaiknya memetakan siswa berdasakna kemampuan akademik dan latar belakang keluarga untuk kemudian merumuskan pendekatan dan strategi yang sesuai dengan kemampuan siswa.

Modul Pendamping Guru PJJ Kelas 6 dapat anda unduh di sini.

Adapun Modul Pendamping Guru Pembelajaran Jarak Jauh SD MI kelas lainnya dapat anda unduh pada tautan di bawah ini.

1. Modul Pendamping Guru Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 1 [unduh]

2. Modul Pendamping Guru Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 2 [unduh]

3. Modul Pendamping Guru Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 3 [unduh]

4. Modul Pendamping Guru Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 4 [unduh]

5. Modul Pendamping Guru Pembelajaran Jarak Jauh Kelas 5 [unduh]

Demikian ulasan Modul Pendamping Guru PJJ Kelas 6, semoga bermanfaat.