Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika 2018

Bertema.com – Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika 2018.

ONIP Matematika 2018 yang diselenggarakan oleh P4TK matematika mengusung tema “ Pengembangan Inovasi Pembelajaran Matematika dalam Rangka mempersiapkan Kecakapan Abad 21”. Adapun tujuan ONIP matematika tahun 2018 adalah menggali ide dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran dalam rangka menyiapkan generasi berkompetensi abad 21. Selain itu ONIP matematika 2018 menyediakan wahana bagi guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. Adapun sasarannya adalah guru kelas SD, guru Matematika SMP, SMA/SMK atau yang sederajad. Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika 2018.

Adapun produk yang dilombakan dapat berupa multimedia berbasis TIK dan alat peraga matematika. Di mana produk tersebut dapat bermanfaat untuk membantu pemahaman konsep atau penguatan konsep matematika dan mengasah kompetensi abad 21.

Produk multimedia pembelajaran berbasis TIK dapat berupa media bantu mengajar di kelas atau media belajar mandiri. Sedangkan produk alat peraga matematika dapat berupa produk orisinal atau modifikasi dari alat peraga yang pernah dikembangkan sebelumnya.

Produk inovasi pembelajaran yang dikirimkan harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

  • Asli, belum pernah memenangkan lomba/kompetisi sejenis di tingkat kabupaten/kota, regional nasional atau internasional.
  • Inovatif, hasil pengembangan dari yang belum ada atau modifikasi.
  • Materi/isi merupakan materi pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah.
  • Merupakan hasil karya individu.
  • Karya dibuat dalam 2 tahun terakhir.
  • Satu peserta hanya diijinkan mengirimkan satu produk.

Berikut ini jadwal Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika 2018.

  • Pengiriman Produk dan Seleksi Awal (paling lambat diterima panitia 8 Oktober 2018)
  • Desk Evaluation Produk Inovasi (10 Oktober – 19 Oktober 2018)
  • Pengumuman Calon Peserta Workshop Final (22 Oktober 2018)
  • Workshop Penilaian Final (29 Oktober – 2 November 2018)

Baca Juga:

Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika 2018

Bagi anda yang berkeinginan mengikuti Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika 2018 wajib mengetahui alur kegiatan berikut ini.

Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika 2018

Kelengkapan produk dapat dikirim melalui pos dalam bentuk CD/DVD/Flash disk dan dokumen hardcopy ke Panitia ONIP. Dengan alamat PPPPTK Matematika Jl. Kaliurang KM 6 Condongcatur, Depok, Sleman, DIY, Kodepos 55283.

Anda juga dapat mengirimkan hail produk berupa file melalui email [email protected] Seluruh kelengkapan agar dijadikan dalam bentuk satu file .zip/.rar dan diemail dengan subjek email NAMA_INSTANSI_NAMAPRODUK. Seandainya filenya terlalu besar, dapat memanfaatkan fasilitas cloud storage. Seperti pada OneDrive, GoogleDrive, Dropbox atau media penyimpanan lainnya kemudian membagikan link file melalui alamat email di atas.

Informasi ONIP Matematika 2018 selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Demikian informasi Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran ONIP Matematika tahun 2018, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *