Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu SD SMP SMA SMK 2018

Bertema.com – Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu SD SMP SMA SMK 2018.

Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan. Perangkat ini meliputi panduan umum, kuesioner pemetaan, petunjuk teknis pengisian kuesioner pemetaan, formulir data pokok dan rapor peta mutu pendidikan. Karena dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, maka kepada seluruh pihak yang berkepentingan untuk mempelajari dan memahaminya.

Pemetaan mutu merupakan pengumpulan, pengolahan, analisis data, dan informasi tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan mulai tingkat sekolah hingga nasional. Dengan demikian pemetaan mutu memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan.

Salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan penjaminan mutu pendidikan baik secara internal maupun eksternal adalah melalui pemetaan mutu.

Hasil pemetaan mutu berupa peta mutu pendidikan. Peta mutu akan dimanfaatkan oleh sekolah, pemerintah daerah, dan pemerintah sebagai acuan dalam perencanaan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan.

Pemetaan mutu dilakukan mengacu pada standar nasional pendidikan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Di mana Standar nasional pendidikan dijabarkan dalam bentuk indikator mutu dan sub-indikator mutu. Variabel pertanyaan dalam instrumen dibangun dari sub-indikator mutu dan identifikasi sumber data dan informasi yang mendukung.

Instrumen pemetaan mutu disusun dalam dua jenis yaitu kuesioner pemetaan mutu dan formulir data pokok pendidikan. Formulir data pokok pendidikan diambil dari rekam data sekolah sedangkan kuesioner pemetaan mutu perlu dihimpun kembali ke sekolah.

Baca Juga: Surat Edaran Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019

Perangkat instrumen Pemetaan Mutu SD SMP SMA SMK 2018

Sekolah melakukan kegiatan pemetaan mutu melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan menyampaikan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk data dan informasi. Data dan informasi dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan untuk diolah menjadi peta mutu. Merupakan capaian pemenuhan terhadap standar nasional pendidikan untuk disampaikan kepada sekolah, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Peta mutu dianalisa lebih lanjut sehingga dapat digunakan sebagai acuan perencanaan pendidikan oleh sekolah, pemerintah daerah dan pusat. Sehingga upaya pemenuhan mutu pendidikan dapat berjalan sinergis karena berasal dari sumber data dan informasi yang sama.

Pihak-pihak yang terlibat pemetaan mutu di sekolah adalah kepala sekolah, perwakilan guru, siswa, komite dan pengawas sekolah. Mereka memberikan informasi menggunakan instrument berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sedangkan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP bertugas melakukan proses verifikasi dan validasi atas data yang disampaikan oleh sekolah.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu oleh LPMP bekerja sama dengan pemerintah daerah mengkoordinir agar seluruh sekolah terpetakan mutunya.

Pengumpulan data dan informasi dilakukan selama kurang lebih 4 bulan yaitu pada bulan Juni sampai dengan September. Selanjutnya peta mutu pendidikan disajikan pada sistem informasi mutu pendidikan setelah proses pengumpulan data dan informasi selesai.

Bagi anda yang membutuhkan perangkat instrumen pemetaan mutu tahun 2018 dapat mengunduhnya pada link di bawah ini.

  1. Perangkat instrumen Pemetaan Mutu SD (download)
  2. Instrumen Pemetaan Mutu SMP (download)
  3. Perangkat instrumen Pemetaan Mutu SMA (download)
  4. Instrumen Pemetaan Mutu SMK (download)

Demikian informasi Perangkat instrumen Pemetaan Mutu SD SMP SMA SMK 2018, semoga bermanfaat.

2 Replies to “Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu SD SMP SMA SMK 2018

  1. artikel penting dan menarik saya dapatkan dari bertema.com
    mohon ijin download, terima kasih.

    1. Silahkan…semoga bermanfaat.
      Terima kasih atas kunjungannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *