Peraturan Gaji PNS Menurut PP Nomor 15 Tahun 2019

Bertema.com – Peraturan Gaji PNS Menurut PP Nomor 15 Tahun 2019.

Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu. diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.

Jadi menurut Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan bagian dari ASN.

Menurut Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki kewajiban:

a. setia dan taat pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pemerintah yang sah;

b. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa;

c. melaksanakan kebijakan yang dirumuskan pejabat pemerintah yang berwenang;

d. menaati ketentuan peraturan perundang-undangan;

e. melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab;

f. menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan dan tindakan kepada setiap orang, baik di dalam maupun di luar kedinasan;

g. menyimpan rahasia jabatan dan hanya dapat mengemukakan rahasia jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

h. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan sebagai imbalan atas kewajibannya, maka Pegawai Negeri Sipil (PNS) berhak memperoleh:

a. gaji, tunjangan, dan fasilitas;

b. cuti;

c. jaminan pensiun dan jaminan hari tua;

d. perlindungan; dan

e. pengembangan kompetensi.

Oleh sebab itu sudah menajdi kewajiban bagi pemerintah untuk senantiasa selalu meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Peraturan Gaji PNS Menurut PP Nomor 15 Tahun 2019

Pada tahun 2019 ini pemerintah berniat memberikan kenaikan gaji pokok bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kurang lebih sebesar 5%.

Peraturan tentang kenaikan gaji pokok bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019.

Adapun Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 adalah tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 ini merupakan Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977. Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ketentuan kenaikan gaji pokok PNS mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2019, meskipun Peraturan Pemerintah (PP) ini ditandatangani pada Maret 2019.

Dengan demikian Pegawai Negeri Sipil (PNS) nantinya akan menerima rapelan kekurangan selama 3 atau 4 bulan.

Kenaikan gaji pokok bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diberikan dengan pertimbangan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan PNS.

Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, pasti Kementerian Keuangan akan mengeluarkan peraturan atau petunjuk teknis.

Peraturan atau petunjuk teknis tersebut berupa PMK dan atau Surat Edaran (SE) dari Ditjen Perbendaharaan sebagai dasar pembayaran rapel atau kenaikan gaji.

Adapun besaran kenaikan gaji pokok tertinggi dan terendah dari berbagai golongan adalah sebagai berikut:

Gaji pokok terendah untuk PNS golongan I/a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp1.560.800. Sedangkan gaji pokok tertinggi untuk PNS golongan I/d dengan masa kerja 27 tahun sebesar Rp2.686.500.

Gaji pokok terendah untuk PNS golongan II/a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp2.022.200. Sedangkan gaji pokok tertinggi untuk PNS golongan II/d dengan masa kerja 33 tahun sebesar Rp3.820.000.

Peraturan Gaji PNS Menurut PP Nomor 15 Tahun 2019

Gaji pokok terendah untuk PNS Golongan III/a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp2.579.400. Sedangkan gaji pokok tertinggi untuk PNS golongan III/d dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp4.797.000.

Gaji pokok terendah untuk PNS golongan IV/a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp3.044.300. Sedangkan gaji pokok tertinggi untuk PNS golonganIV/e dengan masa kerja 32 tahun Rp5.901.200.

Tentunya kenaikan gaji pokok sebesar 5% nominalnya akan bertambah besar apabila PNS masih memiliki tanggungan istri dan anak.

Terlepas dari adanya kenaikan ataupun tidak, sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggungjawab.

Apalagi dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 ini, maka sudah selayaknya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) mensyukurinya.

Selengkapnya tabel kenaikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 dapat diunduh di sini.

Baca Juga:

1. Peraturan Gaji TNI Menurut PP Nomor 16 Tahun 2019

2. Peraturan Gaji Polri Menurut PP Nomor 17 Tahun 2019

3. Penetapan Gaji Pensiunan PNS Menurut PP Nomor 18 Tahun 2019

4. Penetapan Gaji Pensiunan TNI Menurut PP Nomor 19 Tahun 2019

5. Penetapan Gaji Pensiunan Polri Menurut PP Nomor 20 Tahun 2019

Demikian informasi Peraturan Gaji PNS Menurut PP Nomor 15 Tahun 2019, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang menginginkan artikel terbaru dari Bertema.com silahkan klik pada Notify me of new post by email yang ada di bawah artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *