Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013

Bertema.com – Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013.

Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran dalam berbagai tema.

Penentuan tema yang dijadikan sebagai ide besar dari pembelajaran yang menghubungkan konsep dan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa.

Pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu di SD MI mencakup beberapa kompetensi mata pelajaran. Yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Sedangkan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tidak termasuk mata pelajaran dalam tematik.

Pembelajaran tematik terpadu di SD MI dilaksanakan pada semua kelas di SD MI. Baik di kelas I-III (kelas rendah) maupun kelas IV–VI (kelas tinggi).

Perbedaannya adalah di kelas rendah mata pelajaran IPA dan IPS belum berdiri sendiri. Namun muatan IPA dan IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Selain itu mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dilakukan secara tematik hanya sampai dengan kelas III.

Sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan diajarkan sebagai secara mandiri.

Melalui pendekatan diharapkan siswa tidak belajar secara parsial sehingga pembelajaran dapat memberikan makna yang utuh kepada siswa.

Terkait dengan tema yang pilih sedapat mungkin didekatkan dengan hal-hal yang dialami siswa. Pembelajaran tematik disusun berdasarkan berbagai proses integrasi yaitu integrasi intradisipliner, multi-disipliner, inter-disipliner, dan trans-disipliner.

Muatan-muatan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran merujuk pada aktivitas besar yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu kemaritiman, agraris, dan niaga/jasa.

Baca Juga:

Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013

Bagi Anda yang terlibat pembelajaran di jenjang SD MI wajib memahami Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 berikut ini.

  1. Siswa mencari tahu, bukan diberi tahu.
  2. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling dekat dengan kehidupan siswa.
  3. Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan berbagai konsep, keterampilan dan sikap.
  4. Sumber belajar tidak terbatas pada buku.
  5. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatan yang dilakukan
  6. Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran agar dapat mengakomodasi siswa yang memiliki perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap topik.
  7. Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak dapat dipadukan dapat diajarkan tersendiri.
  8. Memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct experiences) mulai hal-hal yang konkret menuju ke abstrak.
  9. Pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutan Pembelajaran. Melainkan bentuk Pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar, sehingga guru dapat melakukan penyesuaikan.

Demikian Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: