Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

Bertema.com – Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022.

Pada kesempatan ini Admin Bertema akan berbagi informasi lowongan pekerjaan Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022.

Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022 ditujukan bagi semua warga negara Indonesia yang memenuhi persayaratan yang telah ditentukan.

BUMN adalah salah satu dari tiga pelaku utama ekonomi negara selain koperasi dan usaha swasta.

Dulunya BUMN bernama Perusahaan Negara (PN). Sementara itu, BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara.

BUMN dapat diartikan sebagai perusahaan yang dimiliki oleh negara dan usahanya dijalankan oleh negara.

Baik perusahaan tersebut dimiliki sepenuhnya, sebagian besar, maupun sebagian kecil. Yang dimaksud dengan negara sebagai pengelola adalah pemerintah.

Pada dasarnya, BUMN didirikan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera di berbagai bidang. Dengan demikian, diharapkan kebutuhan rakyat di segala lini dapat terpenuhi.

Berbagai kebutuhan yang pemenuhannya dikelola oleh BUMN meliputi kesehatan, transportasi, konstruksi, energi, pertambangan dan mineral, pertanian, perikanan, perkebunan, keuangan, dan lain-lain.

Pemenuhan kebutuhan tersebut kemudian dikelola secara profesional dan dikomersialkan kepada publik. Dari usaha yang dilakukan tersebutlah, BUMN mendapatkan keuntungan.

BUMN yang berbentuk PT dan memiliki saham paling sedikit 51% disebut Persero atau Perusahaan Perseroan serta lembaga ini ditujukan untuk mengejar keuntungan.

Sementara itu, jika seluruh modalnya dimiliki oleh BUMN, maka disebut Perum atau perusahaan umum. Berdasarkan tujuannya, BUMN ada yang bertujuan untuk mencari keuntungan dan ada juga yang nirlaba.

Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

Ciri-ciri BUMN

Untuk mengenali sebuah perusahaan BUMN atau bukan, perlu mengenali ciri-ciri BUMN. Nah, kali ini kita akan mengenal ciri-ciri BUMN. 

1. Kekuasaan Dipegang oleh Pemerintah

Dalam operasionalnya, BUMN diawasi, dikontrol, dan dikuasai oleh negara. Pemerintah memegang peranan yang besar agar kekayaan negara yang diolah dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Selain itu, untuk meminimalisir tindakan-tindakan yang menyeleweng.

2. Melayani Kepentingan Umum dan Pelayanan Publik

Bidang-bidang yang dikelola oleh BUMN merupakan bidang yang bersifat untuk kepentingan umum dan pelayanan untuk kehidupan orang banyak. Sebut saja bidang energi, komunikasi, kesehatan, konstruksi, air, pertanian, perikanan, kehutanan, dan sebagainya

3. Sebagai Sumber Pendapatan Negara

Selain pajak, BUMN adalah salah satu sumber pendapatan negara yang cukup besar. Unit-unit usaha yang dijalankan BUMN bergerak di bidang-bidang yang sangat dibutuhkan oleh rakyat. Barang dan jasa yang dikomersialkan tersebut menghasilkan keuntungan. Dari keuntungan tersebut, BUMN dapat memberikan tambahan pendapatan untuk negara.

4. Semua Resiko Ditanggung oleh Pemerintah

Dalam pelaksanaannya BUMN diawasi, dikontrol, dan dikuasai oleh negara, maka hak dan kewajiban BUMN juga diatur oleh negara. Tidak terkecuali resiko yang diakibatkan oleh kegiatan usaha BUMN, juga ditanggung oleh pemerintah. Misalkan saja jika sebuah BUMN mengalami pailit, maka negara bertanggung jawab terhadap kepailitan tersebut.

5. Menyediakan Produk yang Dibutuhkan oleh Masyarakat

Negara hadir dalam unit usaha pada sektor-sektor yang awalnya belum banyak dikerjakan oleh swasta dan itu menyangkut hajat banyak orang. Jika negara tidak ikut andil dalam menyediakan barang atau jasa tersebut, maka rakyat kesulitan untuk mendapatkannya.

6. Saham Bisa Dimiliki oleh Masyarakat Luas

Saham BUMN tidak hanya dapat dimiliki oleh negara saja. BUMN mempersilakan sebagian sahamnya dimiliki oleh pihak lain, termasuk masyarakat umum. Tentunya kepemilikan saham oleh pihak lain tidak melebihi 50%.

Tujuan BUMN

BUMN didirikan bukan tanpa tujuan. Sebagaimana yang tertuang di dalam UU nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN, tujuan didirikannya BUMN adalah sebagai berikut:

  1. Secara umum, memberikan sumbangsih bagi pergerakan ekonomi nasional.Sedangkan secara khusus, BUMN memberikan tambahan pendapatan bagi negara. Oleh karena itu, BUMN yang sehat adalah BUMN yang menguntungkan negara, bukan justru membebani negara dengan operasionalnya maupun hutangnya.
  2. Mengejar keuntungan agar dapat menambah pemasukan negara.
  3. Memberikan pelayanan dalam pengadaan barang atau jasa yang berkualitas tinggi dan dibutuhkan oleh banyak orang.
  4. Menjadi pioner dalam kegiatan bisnis yang belum banyak dikerjakan oleh pihak-pihak swasta dan koperasi. Dengan adanya BUMN, diharapkan bidang-bidang yang belum dikerjakan tersebut dapat dikelola dengan baik.
  5. Selain itu, BUMN yang sehat bukanlah perusahaan yang memonopoli perdagangan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada swasta untuk mengerjakan bidang tertentu. Dengan catatan bahwa perusahaan swasta tersebut memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
  6. Ikut pro aktif dalam mengadakan pembinaan, pengabdian, dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat. Biasanya tujuan ini terangkum dalam program corporate social responsibility (CSR).

Fungsi dan Peran BUMN

Karena keunikan BUMN dibanding jenis usaha lainnya, maka BUMN memiliki fungsi dan peran khusus dalam perekonomian nasional. Berikut ini yang merupakan fungsi dan peran dari BUMN:

1. Sebagai salah satu media bagi pemerintah

BUMN berfungsi untuk membuat kebijakan ekonomi nasional. Kebijakan ini tentunya akan berakibat pada banyak hal. Di sinilah peran BUMN untuk menjadi media dalam menerapkan kebijakan tersebut.

2. Sebagai lahan untuk menciptakan lapangan kerja baru

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya perusahaan BUMN dapat dijadikan sebagai lapangan pekerjaan baru. Hal ini dapat mengurangi angka pengangguran dan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat.

3. Sebagai salah satu sumber pemasukan negara

Dengan keuntungan yang didapatkan dari kegiatan usaha yang dijalankannya, maka BUMN dapat memberikan pemasukan pada negara.

4. Penyedia barang dan jasa

Supaya ketersediaan barang dan jasa di Indonesia stabil, maka dibutuhkan perusahaan yang mampu menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan masyarakat. Dari sinilah perusahaan BUMN hadir untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

5. Pencegah adanya monopoli usaha oleh kapitalis.

Terkadang beberapa pengusaha melakukan monopoli pasar dengan menimbun barang, memainkan harga komoditas, hingga membatasi produk agar mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompoknya sendiri. Peran BUMN dalam hal ini adalah memberikan alternatif baru pada  rakyat agar tidak terjebak dalam monopoli para kapitalis.

6. Mengelola Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia dengan bijak dan benar

Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dikelola dengan baik dan benar hanya akan menimbulkan kerusakan dan kerugian pada negara. Karena permasalahan inilah, maka negara mendirikan perusahaan BUMN.

Dengan adanya perusahaan BUMN, pemanfaatan SDA dapat dioptimalkan sebaik-baiknya tanpa harus mengalami eksplorasi yang berlebihan. Peran BUMN diharapkan dapat menjadi “rem” agar pemanfaatan SDA tidak berlebihan secara studi lingkungan dan ekonomi. Sebab pemanfaatan SDA yang berlebihan seringkali memiliki dampak negatif terhadap lingkungan.

7. Pembina untuk pengembangan UMKM, koperasi, dan masyarakat.

Selain memberikan keuntungan pada negara, BUMN juga harus bisa memberikan bantuan kepada UMKM, koperasi, dan masyarakat. Dalam hal ini, bantuan yang dimaksud adalah melakukan pembinaan pada UMKM, koperasi, dan masyarakat supaya usahanya semakin berkembang.

8. Stimulator atau pioneer

Munculnya peluang bisnis baru sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menginspirasi perusahaan-perusahaan swasta agar turut serta dalam menggarap lahan baru tersebut.

9. Katalisator

Dalam peningkatan kuantitas dan kualitas produk dalam negeri, maka dibutuhkan perusahaan BUMN. Dengan perusahaan BUMN, keperluan ekspor produk Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Tata cara melamar lowongan kerja Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.

2. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.

3. Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.

4. Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen ini: Foto Profil, KTP, Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, SKCK, Dokumen lainnya (Sertifikat Pelatihan, Bahasa Inggris, dll), Surat Rekomendasi.

Setiap dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk 2 pendidikan), wajib untuk disatukan dalam 1 file dokumen.

Ketentuan umum Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022:

1. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal 3 posisi di BUMN berbeda.

2. Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

3. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. FHCI tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.

4. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id

5. Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar.

6. Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id

7. FHCI berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.

8. Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Masa waktu registrasi online adalah 14 April s.d. 25 April 2022.

Cara regristrasi online Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

1. Membaca seluruh informasi ketentuan dan persyaratan yang berada di website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

2. Menekan tombol register yang ada pada pojok kanan atas halaman depan. Kemudian, pelamar melakukan aktivasi akun yang dikirimkan ke email (inbox/spam/all mail).

3. Pelamar wajib melengkapi CV dan dokumen persyaratan pada menu Daftar Riwayat Hidup.

4. Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada menu Lowongan. Peserta hanya dapat melamar maksimal 3 posisi di BUMN yang berbeda.

5. Pelamar dapat memantau proses lamaran, detail jadwal, dan pengumuman pada halaman Lamaran Saya atau email resmi yang dikirimkan.

6. Persyaratan umum pendaftaran lowongan kerja rekrutmen bersama BUMN 2022

7. Sebelum mendaftar pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan umum, tata cara melamar dan jadwal kegiatan rekrutmen dan seleksi di situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

Berikut syarat umum pendaftaran lowongan kerja Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

1. Warga Negara Indonesia

2. Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut:

a. Diploma I/II/III : 27 tahun;

b. S1/Diploma IV : 30 tahun;

c. S2 : 35 tahun;

3. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi

4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

6. Dokumen SKCK dari Kepolisian.

7. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

8. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.

Alur pendaftaran Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

Tahap 1: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi 14 April – 25 April 2022
  • Pengumuman Tahap 1: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi 9 Mei – 11 Mei 2022

Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN. Pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN 17 Mei – 27 Mei 2022
  • Pengumuman Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN 8 Juni – 10 Juni 2022

Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022

Tahap 3: TKB, Wawancara dan MCU. Pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN 12 Juni – 25 Juni 2022 *
  • Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN 4 Juli 2022
  • Bela Negara 11 Juli 2022 *
  • Inagurasi 18 Juli 2022 *

* Jadwal dapat berubah berdasarkan keputusan Panitia Rekrutmen dan Seleksi, dalam hal ini Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Baca Info Lowongan Kerja Lainnya: 

1. Rekrutmen Pegawai Pertamina Persero BUMN 2022

2. Rekrutmen Pegawai Perkebunan Nusantara III Persero BUMN 2022

3. Rekrutmen Pegawai Brantas Abipraya Persero BUMN 2022

4. Rekrutmen Pegawai BNI Persero BUMN 2022

5. Rekrutmen Pegawai Perum Bulog BUMN 2022

6. Rekrutmen Pegawai Bio Farma Persero BUMN 2022

7. Rekrutmen Pegawai Taspen Persero BUMN 2022

8. Rekrutmen Pegawai Pelni Persero BUMN 2022

9. Rekrutmen Pegawai Perusahaan Pengelola Aset Persero BUMN 2022

10. Rekrutmen Pegawai BTN Persero BUMN 2022

Demikianlah informasi tentang lowongan kerja dalam program Rekrutmen Pegawai ASDP Indonesia Ferry Persero BUMN 2022. Semoga Anda berhasil lolos seleksi rekrutmen bersama BUMN 2022.

%d bloggers like this: