Sejarah Perkembangan Media Sosial

Bertema.com – Sejarah Perkembangan Media Sosial

Pada kesempatan ini admin Bertema, akan berbagi Sejarah Perkembangan Media Sosial dari awal sampai saat ini.

Dengan mengetahui Sejarah Perkembangan Media Sosial dapat mendukung kegiatan ektrakurikuler di sekolah dan sangat bagus bagi peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik merupakan sebuah bagian internal dari proses belajar di satuan pendidikan yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengem-bangkan potensi, minat, dan bakat

agar mampu mencapai taraf maksimal dalam upaya pembinaan manusia seutuhnya yang ber-karakter positif.

Kecakapan hidup bagi peserta didik merupakan kemampuan pengetahuan yang dibutuhkan peserta didik untuk belajar berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan dapat berkomunikasi dengan efektif di abad ke-21 ini.

Oleh karena itu, melalui buku ini kami berharap upaya pembinaan ekstrakurikuler jenjang sekolah menengah pertama dapat lebih mudah dipahami dan dilaksanakan guna mencapai cita-cita tersebut.

 

Sejarah Perkembangan Media Sosial

Kreatif dalam Bermedia Sosial

Materi dalam buku ini dibuat menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia peserta didik dan dilengkapi dengan banyak ilustrasi.

Sehingga mampu menarik minat baca dan mempermudah peserta didik dalam memahaminya.

Perlu kamu ketahui media sosial adalah media yang berupa situs dan/atau aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet.

Media berbasis teknologi internet ini mendorong dan memungkinkan penggunanya saling terhubung dengan siapa saja.

baik orang-orang terdekat, maupun orang asing yang tidak pernah dikenal sebelumnya.

Media sosial biasanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan keluarga, teman, dan orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama.

Kamu sebagai pengguna dapat melakukan komunikasi satu sama lain pada media sosial melalui fitur yang tersedia,

termasuk berkomunikasi dengan cara mengirim pesan teks (chatting), berkomentar pada kolom yang tersedia,

berbagi informasi, file, foto atau video dan komunikasi dengan panggilan telepon atau video.

Informasi yang biasanya dibagikan pada media sosial tidak hanya informasi yang bersifat umum, seperti berita dan hiburan saja,

tetapi bisa juga informasi yang bersifat khusus, seperti materi pembelajaran dan kegiatan ekstra-kurikuler.

Bahkan, informasi yang bersifat pribadi pun dapat diakses oleh orang lain.

Media sosial dapat digunakan olehmu untuk menyalurkan hobi secara kreatif sebagai sarana hiburan, seperti bermain game online atau hanya sekadar melihat-lihat foto dan video.

Media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana belajar atau kegiatan berwirausaha.

Baca Juga: Panduan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan

Sejarah Perkembangan Media Sosial

Sejarah Perkembangan Media SosialSix Degrees dianggap sebagai kelahiran dari sistem jejaring sosial pertama kali karena secara teori telah menawarkan sarana jejaring sosial.

Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan saling mengirim pesan.

 

Sejarah Perkembangan Media SosialFriendster merupakan situs fenomenal dan diminati generasi muda untuk berkenalan.

Situs ini dilengkapi dengan kemampuan memberi komentar profil dan kemudahan pencarian teman.

Sejarah Perkembangan Media SosialLinkedIn diperkenalkan pertama kali sebagai sistem jejaring sosial yang dikhususkan untuk bisnis, seperti bertukar informasi mengenai pekerjaan atau mencari pekerjaan.

 

 

Sejarah Perkembangan Media Sosial

My Space pertama kali diluncur-kan pada tahun 2006. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat.

Pengguna sudah dapat mengatur sendiri profilnya secara bebas, seperti warna, foto, daftar teman, dan musik yang disukai.

 

Sejarah Perkembangan Media SosialFacebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya sesama mahasiswa Universitas Harvard.

Penggunanya dapat membuat profil pribadi, menambah teman, bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika pengguna lain memperbarui profilnya.

Facebook memungkin-kan kita bergabung dengan grup pengguna lain yang mempunyai ketertarikan yang sama, dilengkapi fasilitas pengelompokan teman berdasarkan teman sekolah, teman dekat, dan lain-lain.

Sejarah Perkembangan Media SosialYoutube diperkenalkan sebagai situs web yang memungkinkan pengguna meng-unggah, menonton, dan berbagi video.

Reddit sebagai situs web hiburan dan berita, pada situs web ini, pengunjung yang telah terdaftar dapat berkontribusi dengan memberikan postingan teks.

 

Sejarah Perkembangan Media SosialTwitter sebagai layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya

untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

 

Sejarah Perkembangan Media Sosial

Sejarah Perkembangan Media SosialWhatsapp diperkenalkan sebagai aplikasi pesan instan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan menggunakan paket data internet.

Selain pesan teks, penggu-na juga dapat mengirim foto, video, file, dan melakukan voice call maupun video call dengan sesama pengguna di berbagai lokasi.

 

Sejarah Perkembangan Media SosialInstagram sebagai aplikasi berbagi foto dan video memungkinkan pengguna mengambil foto atau video,
menerapkan filter digital, dan mem-bagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial.

Sistem jejaring sosial Instagram adalah dengan saling mengikuti akun pengguna Instagram lainnya.

Sejarah Perkembangan Media SosialPinterest merupakan virtual pinboard yang memberikan fasilitas pada penggunanya untuk mengunggah foto

atau gambar yang bisa dimasukkan ke dalam kategori-kategori (semacam album atau folder).

 

Sejarah Perkembangan Media SosialSnapchat memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan coretan,

serta mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna.

 

 

Sejarah Perkembangan Media SosialLine awalnya diperkenalkan sebagai aplikasi untuk berkirim pesan (messenger /chatting). Line sebenarnya bisa disebut sebagai aplikasi jejaring sosial

karena memiliki fitur timeline sebagai wadah untuk berbagi status, pesan suara, video, foto, kontak, dan informasi lokasi.

Dengan aplikasi Line kita juga bisa melakukan voice call maupun video call secara real time.

Sejarah Perkembangan Media SosialTikTok sebagai aplikasi berbagi video dan musik. Pengguna TikTok dapat membuat berbagai video pendek yang dilengkapi pilihan potongan lagu, teks,

dan menambahkan beragam efek serta filter khusus dengan mudah. TikTok mulai dipandang sebagai platform media sosial yang potensial untuk bisnis dan media belajar.

 

Demikian informasi Sejarah Perkembangan Media Sosial. Semoga bermanfaat.