Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020

Bertema.com – Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pedidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar berusaha mewujudkan program nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bidang sains.

Sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) telah dirintis sejak tahun 2003 yang tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat.

Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa.

Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang telah berlangsung sejak 2001, maka sebagian kewenangan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pendidikan dilimpahkan pada daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Namun demikian, standarisasi mutu penyelenggaraan pendidikan tetap menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Oleh karena itu, usaha-usaha untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan perlu dilakukan secara sistematik, komprehensif, dan berkelanjutan.

Penguatan mutu pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi yang sangat penting bagi jenjang yang lebih tinggi.

Upaya penguatan pondasi tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.

Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap, dan budi pekerti peserta didik.

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020

Kompetisi Sains Nasional untuk peserta didik SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat Tahun 2020 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik.

Dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

TUJUAN

1. Tujuan Umum

Tujuan umum KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang IPA dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi.

Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

2. Tujuan Khusus

Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

a. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang IPA dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;

b. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;

c. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang IPA dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;

d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran IPA dan IPA di SD dan atau yang sederajat;

e. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.

f. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

RUANG LINGKUP

Bidang yang dilombakan dalam KSN-SD Tahun 2020 adalah: IPA dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

TEMA

Adapun Tema Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2020 adalah: “Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan”

PESERTA KSN-SD TINGKAT NASIONAL

1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).

2. Peserta adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat serta telah lolos seleksi KSN-SD tingkat provinsi dan dibuktikan dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.

3. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda.

4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

Rambu-rambu tes seleksi untuk setiap bidang adalah:

IPA

Waktu: 60 Menit

Set soal IPA disesuaikan dengan materi IPA kelas IV, V, VI dan beberapa soal pengembangan lainnya. Dan Set tersebut memuat maksimal 25% soal berbahasa Inggris.

Soal IPA terdiri dari 20 soal isian singkat (IS)

Penilaian: Nilai total 100, yaitu: Jumlah 20 IS x 5 poin = 100

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020

Kisi-kisi soal OSN bidang IPA tingkat SD mencakup kompetensi inti dan kompetensi dasar kelas IV, V dan VI serta pengembangan materi sesuai dengan olimipiade sains tingkat internasional (IMSO).

Lingkup materi yang tidak terdapat pada kompetensi dasar dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016 merupakan perluasan kompetensi untuk menyesuaikan kebutuhan olimpiade sains tingkat internasional.

1. Materi: Keterampilan dan Metode Ilmiah

Lingkup Materi: Memahami proses dalam melakukan kegiatan ilmiah dan alur berfikir ilmiah

Kompetensi:

a. Kompetensi Inti 3 Kelas IV Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat-tempat bermain.

b. Kompetensi Inti 3 Kelas V Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

c. Kompetensi Inti 3 Kelas VI Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

2. Materi: Pengklasifikasian makhluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik dan habitat

Lingkup Materi:

a. Dasar-dasar klasifikasi

b. Klasifikasi sistem lima kingdom

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.1 kelas IV Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan

b. Kompetensi Dasar 3.2 kelas IV Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020

3. Materi: Proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Mikroorganisme)

Lingkup Materi:

a. Anatomi dan fisiologi sel dan jaringan

b. Anatomi dan fisiologi sistem organ hewan dan Manusia

c. Anatomi dan fisiologi tumbuhan

d. Metabolisme pada makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan, fotosintesis, respirasi, serta proses, fermentasi mikroorganisme)

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.1 kelas IV Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan

b. Kompetensi Dasar 3.4 kelas IV Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

c. Kompetensi Dasar 3.6 kelas IV Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran

d. Kompetensi Dasar 3.7 kelas IV Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan

e. Kompetensi Dasar 3.1 kelas V Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

f. Kompetensi Dasar 3.2 kelas V Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

g. Kompetensi Dasar 3.3 kelas V Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

h. Kompetensi Dasar 3.4 kelas V Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

i. Kompetensi Dasar 3.1 kelas VI Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

j. Kompetensi Dasar 3.2 Kelas VI Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi

k. Kompetensi Dasar 3.3 kelas VI Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan dengan lingkungan

4. Materi: Interaksiorganisme denganlingkungan dan informasi mengenai hewan langka

Lingkup Materi:

a. Ekologi dan lingkungan

b. Keanekaragaman hayati dan distribusi biodiversitas Indonesia

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.2 kelas IV Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya

b. Kompetensi Dasar 3.8 kelas IV Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

c. Kompetensi Dasar 3.5 kelas V Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

d. Kompetensi Dasar 3.8 kelas V Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup

5. Materi: Isu perkembangan dan permasalahan tentang kesehatanlingkungan danteknologi

Lingkup Materi:

a. Bioteknologi

b. Pelestarian sumber daya alam hayati

c. Pencemaran lingkungan dan upaya penanggulangannya

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.2 kelas IV Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

b. Kompetensi Dasar 3.8 kelas IV Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

6. Materi: Mekanika

Lingkup Materi:

a. Gerak Benda

b. Gaya

c. Momentum

d. Energi Mekanik

e. Tekanan

f. Gravitasi

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.3 Kelas IV Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan

b. Kompetensi Dasar 3.4 Kelas IV Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

7. Materi: Wujud benda

Lingkup Materi:

1. Sifat dan kegunaan benda padat

2. Sifat dan kegunaan benda cair

3. Sifat dan kegunaan gas

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.7 Kelas V Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

b. Kompetensi Dasar 3.9 Kelas V Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)

8. Materi: Listrik dan Magnet

Lingkup Materi:

a. Listrik Statis

b. Listrik Dinamis

c. Sifat Magnet

d. Induksi Elektromagnetik

e. Aplikasi Listrik dan Magnet

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.3 Kelas IV Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan

b. Kompetensi Dasar 3.5 Kelas IV Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

c. Kompetensi Dasar 3.4 Kelas VI Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

d. Kompetensi Dasar 3.5 Kelas VI Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari

e. Kompetensi Dasar 3.6 Kelas VI Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

9. Materi: Gelombang dan Optik

Lingkup Materi:

a. Gelombang Tali

b. Bunyi

c. Cahaya

d. Gelombang Elektromagnetik

e. Sifat-sifat gelombang

f. Alat Optik (cermin, lensa dan aplikasinya)

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.6 Kelas IV Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran

b. Kompetensi Dasar 3.7 Kelas IV Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan

10. Materi: Suhu dan Kalor

Lingkup Materi:

a. Skala Suhu

b. Termometer

c. Hantaran Panas

d. Perubahan Wujud karena Panas

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.6 Kelas V Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

b. Kompetensi Dasar 3.7 Kelas V Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020

11. Materi: Energi dan Perubahannya

Lingkup Materi:

a. Energi Panas

b. Energi Bunyi

c. Energi Terbarukan

d. Konversi Energi

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.5 Kelas IV Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

b. Kompetensi Dasar 3.8 Kelas IV Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

c. Kompetensi Dasar 3.6 Kelas V Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

d. Kompetensi Dasar 3.7 Kelas V Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari.

e. Kompetensi Dasar 3.6 Kelas VI Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

12. Materi: Bumi, Tata Surya dan Antariksa

Lingkup Materi:

a. Struktur Bumi

b. Atmosfer Bumi

c. Proses Terbentuknya Tata Surya

d. Struktur Tata Surya

e. Iklim

f. Rotasi dan Revolusi Benda Langit

g. Bintang

h. Galaksi

Kompetensi:

a. Kompetensi Dasar 3.7 Kelas VI Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya

b. Kompetensi Dasar 3.8 Kelas VI Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

13. Materi: Atom

Lingkup Materi:

a. Inti Atom

b. Elektron

Kompetensi:

Perluasan dari Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar 3.9 Kelas V Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020, selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Baca Juga:

1. Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN Matematika SD Tahun 2020

2. Juklak Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2020

3. Juklak Kompetisi Olahraga Nasional KOSN SD Tahun 2020.

4. Juklak FLS2N SD Tahun 2020

Demikian informasi terkait Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2020, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.