Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah

Bertema.com – Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Menjelang tahun ajaran baru sekolah disibukkan dengan berbagai aktivitas, salah satunya adalah Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) kepada siswa baru. Pengenalan lingkungan sekolah merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan pada saat pertama masuk Sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, menanamkan konsep pengenalan diri, dan pembinaan kultur Sekolah. Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru dilakukan melalui kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif. Hal ini sangat penting dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan.

Dalam implementasinya, Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dilakukan melalui kegiatan wajib dan kegiatan pilihan. Kegiatan wajib dan kegiatan pilihan dilaksanakan sesuai dengan silabus yang telah disiapkan oleh Kemendikbud.

Terdapat lima tujuan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dikemas melalui berbagai kegiatan pokok dan kegiatan pilihan. Berikut admin sarikan silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dari permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

Pertama, mengenali potensi diri siswa baru.

Kegiatan wajib yang dilakukan adalah pengisian formulir dan pengenalan siswa baru.

Sedangkan kegiatan pilihan dapat berupa diskusi konseling dan mengenalkan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah.

Kedua, membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Kegiatan wajib berupa pengenalan warga sekolah, visi-misi, program, dan kegiatan cara belajar serta tata tertib sekolah. Selain itu dikenalkan pula sarana dan prasarana sekolah.

Kegiatan pilihan berupa pengenalan tata cara dan etika makan, tata cara penggunaan fasilitas toilet, dan tata cara berpakaian. Diinformasikan pula fasilitas umum dan kewajiban pemeliharaan sarana prasarana sekolah.

Baca Juga:

Ketiga, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar secara efektif.

Kegiatan wajib berupa simulasi penyelesaian masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa. Serta mengenalkan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa atau berbicara.

Kegiatan pilihan berupa pengenalan metode pembelajaran dalam bentuk quantum learning. Dapat pula dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk berbagi pengalaman dan pengenalan kewirausahaan.

Keempat, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah.

Kegiatan wajib yang harus dilakukan adalah pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun. Mengenalkan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan. Termasuk menanamkan sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.

Kegiatan pilihan dapat berupa atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga. Serta kegiatan lain yang dapat menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah.

Kelima, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat.

Kegiatan wajib berupa kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, mengenalkan budaya dan tata tertib sekolah sesuai dengan nilai-nilai positif.

Sedangkan kegiatan pilihan berupa beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air. Menanamkan kebanggaan terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, misalnya pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah.

Demikianlah informasi terkait Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah semoga bermanfaat bagi anda dalam melaksanakan kegiatan PLS. Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah selengkapnya dapat di unduh di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *