Surat Edaran Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018 2019

Bertema.com-Surat Edaran Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018 2019

Membangun pendidikan berorientasi mutu menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi tuntutan global yang mensyaratkan tampil dan berperannya manusia-manusia berkualitas. Manusia berkualitas yang mampu menunjukkan eksistensi dan integritasnya di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat di kancah internasional.

Peningkatan mutu pendidikan tidak akan banyak berarti jika tidak disertai dengan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan Mutu Pendidikan di sekolah akan memastikan bahwa pengelolaan sekolah, proses pembelajaran dan program-program lainnya dijalankan sesuai standar mutu pendidikan.

Oleh karena itu Dirjen Dikdasmen mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 21/D/PO/2018 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019. Surat Edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia.

Adapun hal-hal yang harus ditindaklanjuti oleh sekolah terhadap Surat Edaran tersebut adalah sebagai berikut:

Semua sekolah wajib melakukan pemetaan mutu dengan cara mengisi instrumen melalui aplikasi pemetaan mutu pendidikan versi terbaru. Serta melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi Dapodik versi 2018.b.

Pihak yang terlibat dalam pengisian data adalah kepala sekolah, perwakilan guru, perwakilan siswa, dan perwakilan komite sekolah. Data yang diisi lewat aplikasi Penjamian Mutu Pendidikan dilakukan secara langsung, jujur, dan bertanggung jawab sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Sebagai bentuk verifikasi dan validasi, pengawas sekolah melakukan pengisian data secara langsung, jujur, dan bertanggung jawab sesuai dengan kondisi sebenarnya. Pengisian data dilakukan terhadap kondisi penyelenggaraan sekolah yang menjadi binaannya.

Akuntabilitas pemetaan mutu pendidikan di sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Terhitung sejak 21 April 2018, sekolah dapat mengunduh aplikasi, panduan dan instrumen pada laman: pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Baca Juga:

Surat Edaran Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018 2019

Pengiriman data pemetaan mutu pendidikan tahun ajaran 2018/2019 oleh sekolah paling lambat tanggal 31 Agustus 2018.

Sekolah wajib mengevaluasi dan memutakhirkan data sarana dan prasarana serta data pendidik dan tenaga kependidikan pada aplikasi Dapodik.

LPMP berkewajiban melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis implementasi pemetaan penjaminan mutu pendidikan kepada dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota.

Adapun dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota melakukan supervisi kepada sekolah-sekolah uantuk memastikan bahwa data telah diisi dengan benar.

Surat Edaran dirjen Dikdasmen Nomor: 21/D/PO/2018 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat anda unduh di sini.

Demikianlah informasi terkait permintaan pengisian data untuk pemetaan mutu pendidikan di sekolah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *