Ciri Ciri Soal Tes Yang Bermutu

Bertema.com – Ciri Ciri Soal Tes Yang Bermutu.

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan kegiatan yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran dikatakan telah tercapai apabila sebagian besar peserta didik telah memiliki kompetensi berdasarkan kriteria kentuntasan yang telah ditetapkan. Ciri Ciri Soal Tes Yang Bermutu.

Sebagai bukti bahwa peserta didik telah memiliki tingkat pencapaian kompetensi tertentu terlihat dari perolehan nilai hasil belajar. Dalam hal ini guru dapat melakukan penilaian melalui tes maupun non tes.

Tes terdiri atas tiga jenis, yaitu tes lisan, tes tertulis dan tes perbuatan. Jenis tes tertulis terdiri atas uraian, pilihan ganda, jawaban singkat, isian, menjodohkan,dan benar-salah. Pada umumnya pencapaian kompetensi pengetahuan dilakukan menggunakan tes tertulis.

Sedangkan tes perbuatan dapat berupa kinerja (performance), penugasan (projek) dan hasil karya (produk). Hasil penilaian ini digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi keterampilan yang telah dikuasai peserta didik.

Bentuk penilaian non-tes, contohnya seperti penilaian sikap, minat, motivasi, penilaian diri, portfolio, dan life skill. Kegiatan penilaian non tes digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi sikap sosial dan spiritual.

Pada kesempatan ini admin akan bagikan Ciri Ciri Soal Tes Yang Bermutu. Materi ini admin sarikan dari Panduan Penulisan Butir Soal BSNP.

Pada saat menyusun instrumen penilaian, materi atau bahan tes yang digunakan harus memenuhi dua kriteria.

Pertama:

Adanya kesesuaian materi yang diujikan dengan target kompetensi yang harus dicapai melalui materi yang diajarkan. Hal ini dapat memberikan informasi peserta didik mana yang telah mencapai tingkatan pengetahuan tertentu sesuai target kompetensi. Selain itu dapat memberikan informasi mengenai apa dan seberapa banyak materi yang telah dipelajari peserta didik.

Materi yang tidak sesuai dengan target kompetensi kurang memberikan informasi tentang hasil belajar peserta didik. Oleh karenanya tidak dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi penyempurnaan proses pembelajaran.

Kedua:

Materi tes memberikan informasi yang dapat dijadikan landasan bagi pengembangan standar sekolah, wilayah, atau nasional melalui penilaian hasil proses pembelajaran.

Ciri Ciri Soal Tes Yang Bermutu

Bahan soal yang bermutu dapat membantu pendidik meningkatkan pembelajaran dan memberikan informasi dengan tepat tentang peserta didik. Informasi tersebut terkait dengan kompetensi mana yang sudah dan belum tercapai.

Salah satu ciri soal yang bermutu nampak bahwa soal tersebut dapat membedakan kemampuan dari setiap peserta didik.

Semakin tinggi kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, semakin besar peluang menjawab soal dengan benar sesuai kompetensi yang ditetapkan.

Makin rendah kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, makin kecil peluang menjawab soal dengan benar sesuai kompetensi yang ditetapkan.

Ciri soal yang bermutu adalah, bahwa soal tersebut harus sahih (valid) dan handal (reliable). Sahih maksudnya adalah setiap alat ukur hanya mengukur satu aspek saja. Misalnya mistar hanya untuk mengukur panjang, sedangkan timbangan hanya untuk mengukur berat. Begitu pula bahan ujian atau soal IPS hanya mengukur materi pembelajaran IPS, bukan mengukur keterampilan/kemampuan materi yang lain.

Handal maksudnya bahwa setiap alat ukur harus dapat memberikan hasil pengukuran yang tepat, cermat, dan ajeg.

Untuk dapat menghasilkan soal yang sahih dan handal, penulis soal harus merumuskan kisi-kisi dan menulis soal. Perumusan tersebut berdasarkan kaidah penulisan soal yang baik.

Baca:

Sedangkan Linn dan Gronlund menyatakan bahwa tes yang bermutu harus memenuhi tiga karakteristik, yaitu: validitas, reliabilitas, dan usabilitas.

Validitas artinya ketepatan interpretasi hasil prosedur pengukuran, reliabilitas artinya konsistensi hasil pengukuran, dan usabilitas artinya praktis prosedurnya.

Demikianlah informasi terkait Ciri Ciri Soal Tes Yang Bermutu, semoga bermanfaat bagi anda para pendidik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.