Update: Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Bertema.com – Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi kepada sahabat bertema terkait materi Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021 dapat dijadikan pedoman dalam melatih peserta didik dalam menghadapi lomba.

Karena Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021 berisi materi, lingkup materi dan kompetensi dasar KSN.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pedidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar berusaha mewujudkan program nawacita Presiden Republik Indonesia,

yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bidang sains.

Sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) telah dirintis sejak tahun 2003 yang tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat.

Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa.

Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang telah berlangsung sejak 2001, maka sebagian kewenangan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pendidikan dilimpahkan pada daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Namun demikian, standarisasi mutu penyelenggaraan pendidikan tetap menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Oleh karena itu, usaha-usaha untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan perlu dilakukan secara sistematik, komprehensif, dan berkelanjutan.

Penguatan mutu pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi yang sangat penting bagi jenjang yang lebih tinggi.

Upaya penguatan pondasi tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.

Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap, dan budi pekerti peserta didik.

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Kompetisi Sains Nasional untuk peserta didik SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat Tahun 2021 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik.

Dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

TUJUAN

1. Tujuan Umum

Tujuan umum KSN-SD Tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi.

Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

2. Tujuan Khusus

Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

a. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang IPA dan Matematika sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;

b. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;

c. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang IPA dan Matematika dalam kehidupan sehari-hari;

d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran IPA dan Matematika di SD dan atau yang sederajat;

e. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.

f. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

RUANG LINGKUP

Bidang yang dilombakan dalam KSN-SD Tahun 2021 adalah: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

TEMA

Adapun Tema Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2021 adalah: “Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan”

PESERTA KSN-SD TINGKAT NASIONAL

1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).

2. Peserta adalah peserta didik SD dan atau yang sederajat serta telah lolos seleksi KSN-SD tingkat provinsi dan dibuktikan dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.

3. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada KSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya baik pada bidang yang sama maupun bidang yang berbeda.

4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

Rambu-rambu tes seleksi untuk setiap bidang adalah:

Matematika

Waktu: 60 Menit

Set soal Matematika disesuaikan dengan materi Matematika kelas IV, V, VI dan beberapa soal pengembangan lainnya. Dan Set tersebut memuat maksimal 25% soal berbahasa Inggris.

Soal Matematika terdiri dari 20 soal isian singkat (IS)

Penilaian: Nilai total 100, yaitu: Jumlah 20 IS x 5 poin = 100

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

Kisi-kisi soal OSN bidang Matematika tingkat SD mencakup kompetensi inti dan kompetensi dasar kelas IV, V dan VI serta pengembangan materi sesuai dengan olimipiade sains tingkat internasional (IMSO).

Lingkup materi yang tidak terdapat pada kompetensi dasar dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016 merupakan perluasan kompetensi untuk menyesuaikan kebutuhan olimpiade sains tingkat internasional.

1. Materi: Bilangan

Lingkup Materi:

a. Bilangan Bulat

b. Bilangan Rasional

c. Bilangan Prima

d. KPK

e. FPB

f. Pola Bilangan

Kompetensi:

Kompetensi Dasar yang terkaitKelas III

a Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan

b Menggunakan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan

c Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah

d Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah

e Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret

f Menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret

Kelas IV

a Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret

b Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret

c Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya

d Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya

e Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan

f Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan

g Menjelaskan bilangan prima

h Mengidentifikasi bilangan prima

h Menjelaskan dan menentukan factor persekutuan, factor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

i Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Kelas VI

a Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

b Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari

Silabus IMSO

a Whole numbers

b Rational numbers and their representations (fraction, decimals and percentages)

c Pattern recognition

d Factors and Multiples

e Greatest Common Divisor

f Least Common Multiples

g Ordering of numbers

h Ratio and ProportionRecreational Mathematics such as mathematical puzzle

Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021, selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Baca Juga:

1. Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN IPA SD Tahun 2021

2. Juklak Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021

3. Juklak Kompetisi Olahraga Nasional KOSN SD Tahun 2021.

4. Juklak FLS2N SD Tahun 2021

Demikian informasi terkait Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *