Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Game

Bertema.com – Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Game.

Penerapan model-model pembelajaran inovatif menawarkan beragam variasi aktifitas sesuai dengan tahapan-tahapan model pembelajaran masing-masing, sehingga hal ini diharapkan dapat mengatasi kejenuhan peserta didik. Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Game.

Selain itu, model-model pembelajaran inovatif menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa

sehingga pembelajaran yang diterapkan melatih peserta didik untuk mandiri memanfaatkan berbagai fasilitas untuk mengakses media dan sumber belajar.

Namun sebelum menerapkan model-model pembelajaran inovatif, seorang pendidik seharusnya telah memahami karakteristik dan tujuan penerapan setiap model pembelajaran yang ingin dicapai
oleh peserta didik.

Setiap model pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda seiring dengan tujuan dan karakter yang ingin dibentuk pada peserta didik.

Dengan memahami tujuan dari setiap model pembelajaran yang akan diterapkan, seorang pendidik akan mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didiknya.

Para pendidik berkewajiban untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Game

Sintaks Model Pembelajaran Berbasis GameĀ 

Metode pembelajaran game dikembangkan pertama kali oleh David De Vries dan Keith Edward, metode ini merupakan suatu pendekatan kerja sama antar kelompok dengan mengembangkan kerja sama antar personal.

Dalam pembelajaran Teams games Tournaments (TGT) peserta didik memainkan permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing.

Permainan dapat disusun pendidik dalam bentuk kuis berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran.

Kadang-kadang dapat juga diselingi dengan pertanyaan yang berkaitan dengan kelompok.

Pada era digital seperti sekarang ini, peserta didik merupakan generasi digital native, dimana mereka dengan mudahnya menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dalam mengameplementasikan kurikulum yang menggunakan pendekatan ilmiah, pendidik perlu menggunakan model pembelajaran yang mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran.

Salah satu model yang dapat digunakan oleh pendidik yaitu model pembelajaran berbasis game yang menggunakan pendekatan secara online.

Game sendiri adalah merupakan produk permainan berbasis komputer maupun gawai yang berisikan sebuah tantangan maupun sebuah alur cerita yang harus diselesaikan oleh pemain.

Adapun Game memiliki banyak jenis dan kategori diantaranya adalah game strategi, game petualangan, game olahraga, game pendidikan dan banyak lainnya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memudahkan kita dalam menemukan game yang sesuai dengan kebutuhan diantaranya adalah:

1. Kemudahan penggunaan.

Kemudahan penggunaan menjadi kunci keberhasilan penerapan metode ini. game yang dipilih harus mudah digunakan oleh peserta didik dan tidak memerlukan mempelajari manual maupun mempelajari melalui tutorial YouTube.

game yang dipilih harus efektif, sederhana dan to the point namun juga harus cukup menantang sehingga menarik.

2. Keterikatan.

Sebelum mulai mencari game yang tepat untuk kelas Anda, sebaiknya dilakukan survei untuk mengetahui jenis-jenis game yang disukai sehingga peserta didik akan semakin terikat untuk mencoba dan memainkannya. Permainan yang dipilih disepakati oleh sebagian besar siswa.

3. Kustomisasi.

game yang dipilih sebaiknya memberikan juga kesempatan kepada para peserta didik untuk kreatif
untuk mengekspresikan diri dengan cara unik mereka sendiri seperti membuat avatar, membuat tema, bahkan membuat stiker khusus.

4. Tujuan.

game yang dipilih harus memiliki tujuan yang bermakna dan nyata bagi peserta didik untuk diselesaikan.

Dengan kata lain, Anda tidak ingin memberi siswa game hanya untuk menghibur mereka – permainan yang Anda selesaikan harus mengkombinasikan kesenangan dengan rencana pelajaran yang dirancang dengan baik dan sengaja.

Sintaks Model Pembelajaran Berbasis GameĀ 

1. Memilih game sesuai topik.

Guru memilih game yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan sesuai dengan panduan diatas.

2. Penjelasan konsep.

Guru memberikan penjelasan/konsep awal terkait dengan game yang akan dimainkan, tujuan dan tantangan yang harus diselesaikan.

3. Aturan.

Peserta didik memahami dan menyepakati aturan yang disampaikan oleh guru serta disediakan ruang untuk berkreasi dan mengekspresikan diri.

4. Bermain game.

Peserta didik bermain game menggunakan platform yang sudah ditentukan sebelumnya termasuk
batasan waktu dan jadwal bermain.

5. Merangkum pengetahuan.

Peserta didik merangkum pengetahuan, pengalaman, dan hal-hal yang didapatkan dari game yang telah dimainkan.

6. Melakukan refleksi.

Peserta didik melakukan refleksi dari hasil rangkuman dan menghubungkannya dengan topik materi yang sedang dipelajari.

Baca juga:

1. Sintaks Metode Inquiry

2. Sintaks Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran

3. Sintaks Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran

4. Sintaks Model Project Based Learning dalam Pembelajaran

Demikian Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Game, semoga dapat menginspirasi bapak ibu guru dalam pembelajaran.

Rujukan: Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar.