Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog

Bertema.com – Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog.

Penerapan model-model pembelajaran inovatif menawarkan beragam variasi aktifitas sesuai dengan tahapan-tahapan model pembelajaran masing-masing, sehingga hal ini diharapkan dapat mengatasi kejenuhan peserta didik. Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog.

Selain itu, model-model pembelajaran inovatif menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa

sehingga pembelajaran yang diterapkan melatih peserta didik untuk mandiri memanfaatkan berbagai fasilitas untuk mengakses media dan sumber belajar.

Namun sebelum menerapkan model-model pembelajaran inovatif, seorang pendidik seharusnya telah memahami karakteristik dan tujuan penerapan setiap model pembelajaran yang ingin dicapai
oleh peserta didik.

Setiap model pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda seiring dengan tujuan dan karakter yang ingin dibentuk pada peserta didik.

Dengan memahami tujuan dari setiap model pembelajaran yang akan diterapkan, seorang pendidik akan mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didiknya.

Para pendidik berkewajiban untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

 

Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog

Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog 

Model pembelajaran blended learning menggunakan blog sebagai salah satu strategi yang dapat digunakan untuk pelaksanaan kegiatan belajar di rumah.

Blended learning merupakan strategi pembelajaran dan metode penyampaian yang mengoptimalkan pengalaman belajar bagi peserta didik yang dilakukan secara sinkronus atau asinkronus dengan bantuan teknologi.

Melalui blended learning dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif untuk terjadinya interaksi antara sesama peserta didik, dan peserta didik dengan pendidiknya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Blog dalam pembelajaran blended learning sebagai tools atau media yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajara yang memiliki fungsi antara lain:

a) Manajemen Kelas: mendorong komunitas belajar, dapat update informasi secara cepat mengenai materi pembelajaran, tugas-tugas dan pengumuman penting mengenai pembelajaran,

b) Kolaborasi: antara pendidik-peserta didik atau sesame peserta didik bekerjasama meningkatkan kemampuan menulis dan keterampilan lainnya,

c) Diskusi: mendorong kegiatan diskusi bagi peserta didik tentang topik pembelajaran, serta pendidik dapat membentuk kelompok untuk berbagi pengetahuan.

Materi pembelajaran yang disampaikan melalui blog digunakan sebagai bahan pengayaan bagi peserta didik untuk dapat dipelajari ketika belajar dirumah.

Ketika sumber belajar yang tersedia tebatas dalam proses pembelajaran maka dapat diakomodir dengan blog sehingga perserta didik dapat memiliki kesempatan untuk mengakses berbagai variasi sumber belajar.

Tahapan dalam proses pembelajaran blended learning adalah sebagai berikut:

Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog

Sedangkan Langkah dalam menggunakan blog dalam pembelajaran blended learning sebagai berikut:

Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog

Yang perlu diperhatikan dalam membuat blog dalam pembelajaran blended learning sebagai berikut:

Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog

 

Dalam implementasi pembelajaran blended learning menggunakan blog terdapat sintak-sintak sebagai acuan ketika pendidik memfasilitasi pembelajaran dari rumah.

Berikut adalah sintak dari blended learning menggunakan blog.

Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog

1. Seeking of information atau pencarian informasi
Pencarian informasi dari berbagai sumber informasi yang tersedia secara online maupun offl ine dengan berdasarkan pada relevansi, validitas, reliabilitas konten dan kejelasan akademis.

2. Acquisition of Information
Menemukan, memahami, serta mengkonfrontasikannya dengan ide atau gagasan yang telah ada dalam pikiran kemudian menginterprestasikan informasi/pengetahuan dari berbagai sumber yang tersedia,

sampai mereka mampu mengkomunikasikan kembali dan menginterpretasikan ideide dan hasil interprestasinya menggunakan fasilitas online/ offline.

3. Synthesizing of knowledge
mengkonstruksi/merekonstruksi pengetahuan melalui proses asimilasi dan akomodasi bertolak dari hasil analisis, diskusi dan perumusan kesimpulan dari informasi yang diperoleh.

Dalam penerapan sintak blended learning menggunakan blog didukung oleh learning path atau alur pembelajaran sehingga memudahkan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Berikut adalah learning path blended learning menggunakan blog.

Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog

Baca juga:

1. Sintaks Metode Inquiry

2. Sintaks Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran

3. Sintaks Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran

4. Sintaks Model Project Based Learning dalam Pembelajaran

Demikian Sintaks Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Blog, semoga dapat menginspirasi bapak ibu guru dalam pembelajaran.

Rujukan: Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar.