Sintaks Pembelajaran Berbasis Proyek PBP dalam Kurikulum 2013

Bertema.com – Sintaks Pembelajaran Berbasis Proyek PBP dalam Kurikulum 2013.

Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) lebih dikenal dengan nama Project-Based Learning (PjBL). Sintaks Pembelajaran Berbasis Proyek PBP dalam Kurikulum 2013.

Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas peserta didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk. Sehingga hasil penilaian pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dipergunakan untuk menilai aspek keterampilan peserta didik.

Hasil produknya dapat berupa desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Dalam praktiknya pendekatan ini memperbolehkan pesera didik untuk bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam mengkostruksikan produk nyata.

Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) antara lain:

  • Peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran.
  • Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah proyek.
  • Membuat peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata berupa barang atau jasa.
  • Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber/bahan/ alat untuk menyelesaikan tugas/proyek.
  • Meningkatkan kolaborasi peserta didik khususnya pada PBP yang bersifat kelompok.

Dalam PBP, peserta didik diberikan tugas dengan mengembangkan tema/topik dalam pembelajaran dengan melakukan kegiatan proyek yang realistik.

Penerapan pembelajaran berbasis proyek mendorong tumbuhnya kreativitas, kemandirian, tanggung jawab, kepercayaan diri serta berpikir kritis dan analitis pada peserta didik.

Baca Juga: Strategi Pembelajaran Tahu Ingin Pelajari TIP

Sintaks Pembelajaran Berbasis Proyek PBP dalam Kurikulum 2013

Secara umum, sintaksis atau langkah-langkah PBP dikemukakan oleh Direktorat PSMP (Panduan Penguatan Pembelajaran, Direktorat PSMP, 2013) sebagai berikut:

Sementara tahapan proses pembelajaran berbasis proyek secara garis besar meliputi: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

Pada tahap persiapan meliputi kegiatan menemukan tema/topik proyek, merancang langkah penyelesaian proyek dan menyusun jadwal proyek.

Tahap pelaksanaan meliputi kegiatan proses penyelesaian proyek dengan difasilitasi dan dimonitoring dari guru. Dilanjtkan dengan penyusunan laporan dan presentasi atau publikasi hasil proyek.

Sedangkan pada tahap evaluasi meliputi kegiatan evaluasi proses dan hasil kegiatan proyek.

Berikut adalah contoh kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek pada tahap kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

1. Persiapan

Dalam persiapan, diawali dengan penjelasan guru tentang materi yang dipelajari diikuti dengan instruksi tugas proyek. Selain itu disampaikan pula persyaratan tertentu termasuk ketentuan waktu.

Selanjutnya langkah-langkah PBP adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Proyek, yaitu memilih tema/topik untuk menghasilkan produk (laporan observasi/penyelidikan, rancangan karya seni, atau karya keterampilan). Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dengan menekankan keorisinilan atau keaslian produk. Penentuan produk juga disesuaikan dengan kriteria tugas, dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik dan sumber/bahan/alat yang tersedia.
  • Merancang langkah-langkah penyelesaian proyek dari awal sampai akhir. Pada kegiatan ini, peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian produk yang akan dihasilkan. Juga menentukan langkah-langkah serta teknik untuk menyelesaikan bagian-bagian tersebut sampai dicapai produk akhir.
  • Menyusun jadwal pelaksanaan proyek, yaitu menyusun tahap-tahap pelaksanaan proyek dengan mempertimbangkan kompleksitas langkah-langkah. Dan teknik penyelesaian produk serta waktu yang ditentukan guru.

2. Pelaksanaan

  • Menyelesaikan proyek dengan difasilitasi dan dipantau guru, yaitu mencari atau mengumpulkan data/material. Kemudian mengolahnya untuk menyusun/mewujudkan bagian demi bagian sampai dihasilkan produk akhir.
  • Mempresentasikan/mempublikasikan hasil proyek, yaitu menyajikan produk dalam bentuk presentasi, diskusi, pameran, atau publikasi. Pada majalah dinding atau internet untuk memperoleh tanggapan dari peserta didik yang lain, guru, dan bahkan juga masyarakat.

3. Evaluasi

Evaluasi proses dan hasil proyek dilakukan dengan pelaksanan proyek dan penilaian produk yang dihasilkan untuk mengetahui ketercapaian tujuan proyek.

Demikianlah ulasan mengenai Sintaks Pembelajaran Berbasis Proyek PBP dalam Kurikulum 2013. Ulasan ini admin sarikan dari Buku Pegangan Guru IPS Kelas 9 Revisi 2018, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Materi Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: