Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 dengan Jawabannya

Bertema.com – Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 

Lingkup penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan penilaian aspek sikap dilakukan oleh pendidik dan dilaporkan oleh satuan pendidikan.

Penilaian Harian (PH) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan

berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pembelajaran (assessment as dan for learning),

dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning).

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada minggu ke-8 atau ke-9 dalam satu semester.

Adapun materi PTS meliputi semua Tema/KD yang sudah dipelajari sampai dengan minggu ke-7 atau ke-8.

Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester gasal dengan materi semua Tema/KD pada semester tersebut.

Sedangkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua Tema/KD pada semester genap.

Berikut admin bagikan latihan soal Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 atau Penilaian Akhir Semester (PAS) Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7.

Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7

Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7

1. Bacalah paragraf-paragraf di bawah ini dengan cermat!

1)   Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.

2)   Pergilah Ariel ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

3)   Di rumahlah kita memiliki waktu terbanyak untuk bercengkerama dengan keluarga. Agar selalu nyaman bersama keluarga, rumah haruslah selalu bersih dan sedap dipandang. Oleh karena itu, janganlah kita malas untuk selalu membersihkan rumah setiap hari.

4)   Setelah selesai digunakan, komputer haruslah dimatikan agar tidak menyala terus. Sama seperti prosedur menyalakan komputer, cara mematikan komputer juga memerlukan prosedur agar komputer tidak cepat mengalami kerusakan.

Paragraf yang termasuk cuplikan teks deskripsi yaitu ditandai dengan nomor ….

a. (1)  

b. (2)                             

c.  (3)                             

d.  (4)

Bacalah Teks  berikut untukmenjawab pertanyaan nomor 2 s.d. 4!

       Memasuki hutan mangrove di Karang Song, Indramayu mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Daun mangrove yang rimbun dan hijau sangat menyejukkan mata. Akar-akar pohonnya menjulur panjang dan merapat satu sama lain, seolah tak mau dipisahkan. Jembatan anyam yang terbuat dari bambu menuntun kita untuk sampai ke bagian dalam hutan. Sepanjang  langkah kita menyusuri hutan, nyanyian burung bangau memecahkan suasana sunyi.

       Gambaran keindahan hutan mangrove Karang Song Indramayu sungguh menggugah selera berwisata  terutama bagi para pecinta lingkungan. Oleh karena itu  kelestariannya perlu dijaga.

2. Objek yang dideskripsikan pada teks tersebut adalah.…

a. keindahan Pantai Karang Song           

b. pelestarian tempat wisata  

c. keindahan hutan mangrove Karang Song 

d. gambar hutan mangrove

3. Isi informasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah….

a. Hutan mangrove di Karang Song sangat indah.

b. Daun mangrove tampak kurang rimbun

c. Mangrove hanya di dapati di daerah sub tropis.

d. Suasana di hutan mangrove sangat sepi

4. Berikut merupakan penggambaran keindahan hutan mangrove  Karang Song yang tepat adalah….

a. Daun mangrove yang rimbun dan hijau sangat menyejukkan mata.

b. Akar-akar pohonnya menjulur panjang dan saling merapat

c. Akarnya dapat mengikat sedimen

d. Daunnya tidak rimbun

5. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Museum merupakan lembaga yang ditujukan untuk masyarakat sebagai tempat untuk menyimpan, merawat, dan melestarikan warisan budaya masyarakat dengan tujuan penelitian, pembelajaran, ataupun untuk kesenangan atau hiburan.

Cuplikan teks deskripsi tersebut merupakan bagian ….

a. identifikasi                                           

b. deskripsi bagian                                 

c. kesan dan harapan

d. penyelesaian

6. Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Danau Maninjau terletak 38 km sebelah Barat dari pusat Kota Bukittinggi. (2) Jika menggunakan bus umum dari Bukittinggi, kita cukup mengeluarkan Rp2.000,00 untuk satu jam perjalanan. (3) Danau berair biru jernih ini dikelilingi bukit-bukit yang indah sehingga menambah cantiknya pemandangan sekitar. (4) Daya tarik lainnya, danau ini berhawa sejuk sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk menghabiskan akhir pekan Anda.

Pernyataan dalam teks tersebut yang membuat pembaca seolah-olah melihat terdapat pada kalimat bernomor ….

a. (1)  

b. (2)                             

c. (3)                             

d. (4)

7. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Luas bangunan SMP Harapan kira-kira sekitar dua hektar yang terbagi menjadi empat lokal bangunan. Pertama kali memasuki sekolah ini kita akan menjumpai lokal bangunan pertama, yaitu ruang guru, kantor administrasi, dan ruang kegiatan siswa. Ruangan-ruangan tersebut berdiri sejajar memanjang satu sama lain. Setelah melewati kompleks bangunan pertama kita akan menemukan kompleks bangunan kelas yaitu, ruang kelas VII yang ada pada bagian utara, ruang kelas VIII pada bagian selatan dan kelas IX pada bagian barat.

Cuplikan deskripsi bagian tersebut dikembangkan berdasarkan ….

a. ruang                                               

b. proses sesuatu berlangsung  

c. anggota bagian-bagian objek

d. pemfokusan

Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7

8. Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Tempat ini juga sangat cocok untuk aktivitas berenang atau berkeliling dengan sepeda. (2) Bukan hanya itu, bagi mereka yang memiliki jiwa petualang dan suka mendaki bukit, di sinilah tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi tersebut. (3) Wisatawan dapat berkenalan sekaligus mengakrabi Bukit Sakura dan Puncak Lawang hanya dalam waktu tiga jam saja. (4) Di puncak bukit inilah wisatawan dapat mengagumi pemandangan dangan danau dan sekitarnya.

Penggunaan majas dalam teks tersebut terdapat dalam kalimat bernomor ….

a. (1)   

b. (2)  

c. (3)

d. (4)

9. Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Berwisata tampak kurang lengkap jika tidak membeli cenderamata khas Sumatra Barat. (2) Di Jalan H. Udin Rahmani banyak terdapat toko yang menjual cenderamata. (3) Lukisan rumah gadang dari bahan beludru berwarna elegan nan elok dipandang merupakan salah satu suvenir yang banyak dicari wisatawan di tempat ini.(4) Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk berwisata ke Sumatra Barat, jangan lupa untuk memasukkan Danau Maninjau ke dalam agenda perjalanan Anda.

Penggunaan gabungan kata yang menimbulkan kesan dalam teks tersebut terdapat dalam kalimat bernomor ….

a. (1)  

b. (2)                             

c. (3)                             

d. (4)

10. Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!

(1) Objek wisata andalan Kota Bukittinggi ini menawarkan fasilitas yang memadai. (2) Pemerintah setempat memang telah menyiapkan kawasan ini sebagai lokasi wisata yang representatif. (3) Seperti layaknya taman wisata lain, di tempatini banyak terdapat penginapan cukup nyaman. (4) Sepanjang danau ini pun banyak terdapat restoran dan coffeeshop untuk dapat memenuhi kepuasan wisatawan.

Kalimat yang memerinci untuk menjelaskan isi teks tersebut ditandai dengan nomor ….

a. (1) dan (2)   

b. (2) dan (3)                              

c. (3) dan (4)

d. (4) dan (1)

11. Bacalah kalimat berikut ini dengan cermat!

Pengunjung diharapkan tidak hanya mengagumi keindahannya, tetapi harus pula membersihkan taman kota secara berkala.

Kata khusus dari kata ‘membersihkan’ terdapat dalam kalimat berikut, kecuali .

a. Agar tampak selalu bersih, secara bergiliran petugas mengepel lantai musium.

b. Menurut salah seorang petugas musium, setiap akhir pekan petugas khusus mengelap benda-benda bersejarah itu agar tidak rusak.

c. Dengan menggunakan gunting khusus, petugas taman membentuk tanaman hias itu sehingga menyerupai binatang.

d. Tak segan-segan para anggota pecinta lingkungan “Jemari” menyapu kawasan Gunung Ciremai sehingga terbebas dari sampah-sampah yang ditinggalkan pengunjung.

Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7

12. Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!

Untuk sampai (1)ke Gunung Bromo, maka pengunjung bisa menempuh perjalanan terlebih dahulu      (2) ke Kota Malang. Hal ini disebabkan Kota Malang merupakan sebuah kota yang cukup besar.Maka, untuk menuju kota ini bisa (3) ditempuh dengan berbagai ragam transportasi, yaitu mulai dari kendaraan pribadi, bus, kereta, maupun melalui pesawat. Kendaraan jeep atau landrover 4×4 adalah kendaraan umum yang (4) di gunakan di kawasan Bromo.

Penulisan kata yang tidak benar dalam teks tersebut terdapat dalamkalimat bernomor.…

a. (1)  

b. (2)                             

c.  (3)                             

d.  (4)

13. Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!

Saat sunsrisepemandangan alamnya sangat (1) menakjubkan.Matahari yang perlahan mulai naik diiringi latar Gunung Semeru yang gagah (2) mengeluarkan asap dari kejauhan akan (3) mempaparkan pemandangan indah yang sulit untuk dilukiskan sehingga pada saat seperti itu sangat disayangkan jika tidak diabadikan dengan momen berharga berupa (4) memotret.

Penulisan kata berimbuhan yang salah dalam teks tersebut terdapat dalam kalimat bernomor ….

a. (1)                                           

b. (2)                                          

c. (3)

d. (4)

14. Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!

Di (1) Lampung, tepatnya  di Pantai Krui, Lampung Barat, terdapat (2) Wisata Pantai untuk olahraga ekstrem seperti surfing. Disana terdapat banyak (3) pantai yang menawarkan ombak yang menantang diantaranya yang paling terkenal adalah (4) Pantai Tanjung Setia.

Penulisan huruf yang salah dalam teks tersebut terdapat dalam kata bernomor ….

a. (1)  

b. (2)                             

c. (3)                             

d. (4)

Bacalah cerita fantasi berikut dengan cermat kemudian jawablah soal nomor 15 s.d 23!

Berlian Tiga Warna

Oleh:FanisaMiftahRiani

        Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam. Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru dan Chika menyukai warna kuning.

        “Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya.

        Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

        “Ayo kita buka kotak masing-masing sesuai dengan warna kesukaan. Sekarang kita buka satu… dua… tiga!!!”“WAWWWWW,”

        lima detik kemudian mereka ter lempar di gerbang sebuah kerajaan. Mereka terkejut karena di hadapannya berdiri seorang ratu yang seluruh tubuhnya dihiasi berlian.

        “Selamat datang di negeri kami, peramal kerajaan mengatakan bahwa akan datang tiga anak yang akan menyelamatkan putri kami. Saya mempunyai anak yang bernama Candy. Ia tertidur sejak dua tahun yang lalu dikarenakan ia memakai tiga kalung berlian sekaligus,” Setetes air mata pun jatuh dari wajah Sang Ratu.

        “Tolong selamatkan puteriku,”“Ta…ta…tapi…” Chika dan Tamika memprotes bersamaan karena mereka berdua membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya.

        “Chika, Tamika ayo kita tolong Puteri, mereka sedang menghadapi masalah,” Anika mantap menjawab sambil menarik dengan paksa kedua tangan sahabatnya yang masih ragu.

        “Itu puteriCandy,” Anika berlari menuju putri tempat tidur Candy. Dengan ragu Tamika dan Cika ikut mendekat. “Ayo kita ambil sesuai warna!” Anika menjelaskan.

        “Baik!” Jawab Tamika dan Cika serempak. Setelah itu…

        “Hoooaaii…” Putri Candy menguap. Pelan-pelan matanya terbuka.

        “Oh! Terima kasih! Terima kasih! Sebagai hadiahnya ambil ini!” Ratu memeluk ketiga gadis itu lalu memberikan tas yang lumayan besar.

        “Terimalah ini sebagai sebagai ungkapan terima kasih kami,” Ratu berucap penuh haru.

        Dengan cepat Tamika dan Chika menyahut tas yang diberikan Ratu. Tapi mereka berdua tidak kuat mengangkat tas besar itu.

        “Waktu kita tinggal 15 menit lagi kita harus segera pergi,” Anika berteriak.

        “Tapi tas berisi berlian ini tidak bisa kita bawa,” kata Tamika dan Chika hampir bersamaan.

        “Tinggalkan saja tas itu yang penting kita harus keluar dari kerajaan ini,” tegas Anita.

        Anika menarik kedua tangan sahabatnya untuk menyatukan ketiga kotak berlian tiga warna.

15. Cuplikan yang termasuk bagian orientasi teks tersebut yaitu ….

A.

        Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya.

        Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

B.

        Tolong selamatkan puteriku,”“Ta…ta…tapi…” Chika dan Tamika memprotes bersamaan, karena mereka berdua membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya.

        “Chika, Tamika ayo kita tolong Putri, mereka sedang menghadapi masalah,” Anika mantap menjawab sambil menarik dengan paksa kedua tangan sahabatnya yang masih ragu.

C.

        “Itu puteriCandy,” Anika berlari menuju putei tempat tidur Candy. Dengan ragu Tamika dan Chika ikut mendekat. “Ayo kita ambil sesuai warna!” Anika menjelaskan.

        “Baik!” Jawab Tamika dan Chika serempak.

D.

        “Oh! Terima kasih! Terima kasih! Sebagai hadiahnya ambil ini!” Ratu memeluk ketiga gadis itu lalu memberikan tas yang lumayan besar.

        “Terimalah ini sebagai ungkapan terima kasih kami,” Ratu berucap penuh haru.

Soal selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Kunci jawaban Soal UAS / PAS kelas 7 Bahasa Indonesia dapat anda unduh di sini

Soal UAS / PAS kelas 7 mata pelajaran lainnya dapat anda pelajari pada tautan di bawah ini.

1. Soal UAS / PAS Kelas 7 PAI [Pelajari]

2. Soal UAS / PAS Kelas 7 Pendidikan Agama Katolik [Pelajari]

3. Soal UAS / PAS Kelas 7 Pendidikan Agama Kristen [Pelajari]

4. Soal UAS / PAS Kelas 7 PPKn [Pelajari]

5. Soal UAS / PAS Kelas 7 Bahasa Inggris [Pelajari]

6. Soal UAS / PAS Kelas 7 Matematika [Pelajari]

7. Soal UAS / PAS Kelas 7 IPA [Pelajari]

8. Soal UAS / PAS Kelas 7 IPS [Pelajari]

9. Soal UAS / PAS Kelas 7 PJOK [Pelajari]

10. Soal UAS / PAS Kelas 7 Seni Budaya [Pelajari]

11. Soal UAS / PAS Kelas 7 Prakarya [Pelajari]

Demikian Latihan Soal UAS-1/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7, semoga dapat membantu kalian dalam menghadapi Ulangan Akhir Semester 1 yang sekarang dinamakan Penilaian Akhir Semester (PAS).