Cara Memilih Sekolah yang Tepat bagi Anak

Bertema.com – Cara Memilih Sekolah yang Tepat bagi Anak.

Berbagai pertimbangan diperhitungkan oleh sebagian besar orang tua dalam mementukan pilihan sekolah yang tepat bagi anaknya. Setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi bagian dari sekolah yang menurutnya favorit atau terbaik di daerahnya. Cara Memilih Sekolah Yang Tepat Bagi Anak.

Pada dasarnya menyekolahkan anak merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan keberhasilan anak pada masa mendatang. Dengan demikian orang tua tidak boleh serampangan dalam memilih sekolah bagi anaknya.

Persepsi masyarakat atau orang tua terhadap sekolah favorit pasti didasarkan kepada out put dari sekolah tersebut. Padahal sekolah yang mereka anggap sebagai sekolah favorit sudah barang tentu in put-nya juga bagus.

Untuk meminimalisir adanya sekolah favorit, pemerintah mulai memberlakukan sistem zonasi pada saat pendaftaran peserta didik baru PPDB. Dengan sistem zonasi ini calon peserta didik tidak boleh mendaftar di luar wilayah zonasinya. Tujuan dari sistem zonasi agar peserta didik yang berprestasi tidak menumpuk pada satu sekolah, tetapi dapat menyebar di seluruh sekolah.

Setelah mengetahui adanya sistem zonasi dalam PPDB, maka orang tua pasti akan beranggapan bahwa semua sekolah itu baik. Namum tidak ada salahnya bila orang tua mengetahui cara memilih sekolah yang tepat bagi anak. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah antara lain:

Biaya Pendidikan

Bagi sebagian orang tua mungkin biaya pendidikan tidak menjadi kendala pada saat menyekolahkan anaknya. Namun bagi orang dengan penghasilan pas-pasan biaya pendidikan ini perlu mendapatkan perhatian.

Sistem zonasi dapat sedikit meringankan biaya transportasi bagi peserta didik, karena anak tidak perlu menempuh jarak yang jauh ke sekolah. Namun demikian sistem zonasi ini hanya berlaku bagi sekolah negeri, sedangkan sekolah swasta diberi kebebasan dalam menerima peserta didik.

Konponen biaya pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian orang tua selain transportasi adalah sumbangan pendidikan dan iuran bulanan.

Beri kesempatan anak untuk menentukan pilihan

Ingat bahwa sekolah adalah kebutuhan anak, jadi jangan sampai orang tua memaksakan kehendak agar anak memasuki sekolah tertentu. Kewajiban orang tua adalah mengarahkan agar pilihan anak tidak salah.

Anak akan merasa nyaman apabila diterima di sekolah yang menjadi pilihannya, tentunya dengan dukungan sepenuhnya dari orang tua.

Kelayakan sarana dan prasarana sekolah

Sebelum menentukan sekolah pilihan, anda perlu mencari informasi perihal sarana dan prasaran yang dimiliki oleh sekolah. Karena kelengkapan sarana dan prasarana akan mendukung proses pendewasaan bagi anak.

Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah kelayakan gedung sekolah, lapangan olah raga, paerpustakaan, laboratorium, alat-alat praktik dsb. Anda juga perlu memastikan adanya fasilitas penunjang lainnya, misalnya tempat ibadah, UKS, kantin, kamar kecil sehingga hak anak anda terpenuhi.

Oleh karena itu anda perlu melakukan semacam visitasi untuk mengetahui kelayakan terhadap sarana dan prasarana sekolah yang anda inginkan.

Budaya sekolah

Anda perlu memastikan bahwa sekolah yang menjadi pilihan anda memiliki budaya yang baik sesuai dengan tujuan pola asuh anda. Budaya sekolah dapat terlihat dari keharmonisan pada saat warga sekolah berkomunikasi dan berinteraksi satu dengan lainnya.

Adakah budaya senyum, salam, dan sapa di lingkungan sekolah? Adakah budaya saling asah, asih dan asuh anta warga sekolah? Inilah yang perlu anda pertimbangkan. Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi perkembangan dan keberhasilan anak anda.

Budaya sekolah yang kondusif menjadikan peserta didik merasa tenang, nyaman dan senang berada di sekolahnya. Peserta didik merasa terlindungi karena sesama warga sekolah saling menghormati dan tidak pernah terjadi perundungan di antara warga sekolah.

Kepala Sekolah, Guru dan tenaga kependidikan

Anda perlu memastikan bahwa pelaku pendidikan di sekolah tersebut dapat diteladani oleh peserta didik. Sekolah terbebas dari rokok, minuman keras serta hal-hal yang berbau suku, agama, ras, dan antar golongan.

Setelah diterima, jalin komunikasi efektif dengan kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah. Hal ini sangat diperlukan agar anda dapat dengan mudah memantau perkembangan belajar anak.

Sebagai orang tua anda tidak boleh pasrah bongkokan kepada pihak sekolah, bagaimanapun orang tua memiliki andil paling besar keberhasilan anak.

Demikianlah Cara Memilih Sekolah yang Tepat bagi Anak, semoga artikel ini menambah wawasan bagi anda yang sedang mencarikan sekolah anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: