Langkah Pengembangan Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013

Bertema.com – Langkah Pengembangan Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013.

Salah satu tugas guru dalam prose pembelajaran adalah menyusun silabus pembelajaran sesuai dengan bidang tugas guru. Bagi anda para guru SD, admin mencoba berbagi info terkait langkah-langkah dalam mengembangkan silabus.

Pada saat mengembangkan silabus tematik di SD digunakanlah model jaring laba-laba (webbed). Pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed) dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema.

Upaya pengembangan silabus dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk Materi Pokok menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran.

Sedangkan Pembelajaran merupakan gabungan pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran yang diikat dalam tema/subtema.

Alokasi waktu pembelajaran dalam satu minggu sebagaimana yang tercantum dalam struktur kurikulum untuk SD adalah sebagai berikut.

  • Kelas 1 Jumlah jam pelajaran per minggu = 30 jam pelajaran
  • Untuk Kelas 2 Jumlah jam pelajaran per minggu = 32 jam pelajaran
  • Kelas 3 Jumlah jam pelajaran per minggu = 34 jam pelajaran
  • Sedangkan Kelas 4 sampai kelas 6 Jumlah jam pelajaran per minggu =36 jam pelajaran

Alokasi waktu tersebut termasuk Pendidikan Agama sebanyak 4 jam pelajaran per minggu.

Kelas I, II, dan III menekankan pada penguasaan kompetensi membaca, menulis, dan berhitung untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Oleh karena itu perlu mendapat perhatian dalam integrasi dengan tema dan mendapatkan alokasi waktu yang cukup.

Terdapat beberapa kompetensi dasar dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang memerlukan pemenuhan sarana dan prasarana khusus dari satuan pendidikan.

Kopetensi Dasar tersebut harus diajarkan tersendiri sebagai mata pelajaran dan bersifat pilihan bagi satuan pendidikan yang tidak dapat memenuhinya.

Dengan demikian pengalokasian waktu pembelajaran tematik untuk setiap minggunya perlu memperhatikan kekhasan-kekhasan di atas.

Baca Juga:

Langkah Pengembangan Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013

Berikut ini struktur kurikulum pembelajaran tematik untuk setiap minggunya.

  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6 sebanyak 4 jam pelajaran perminggu.
  •  Mata Pelajaran Matematika mulai kelas 4 sampai dengan kelas 6 sebanyak 6 jam pelajaran perminggu.
  • Pendidikan Jasmani Olah raga dan Kesehatan mulai kelas 4 sampai dengan kelas 6 sebanyak 4 jam pelajaran perminggu.
  • Sedangkan Jumlah jam pelajaran tematik per minggu masing-masing, 26, 28, da 30 untuk kelas rendah. Untuk kelas tinggi sebanyak 22 jam pelajaran perminggunya.

Bagi Anda yang mengemban tugas sebagai guru kelas harus memperhatikan langkah-langkah yang berikut dalam mengembangkan silabus tematik.

  1. Mengidentifikasi materi pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai dari semua mata pelajaran yang akan diintegrasikan.
  2. Mengidentifikasi tema-tema yang menarik bagi siswa, lalu memilih beberapa tema yang akan dijadikan sebagai tema pembelajaran.
  3. Memetakan materi pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai. Pemetaan materi perlu memperhatikan keruntutan materi untuk setiap mata pelajaran dan tingkat kesulitan.
  4. Merancang Pembelajaran berdasarkan pemetaan materi pelajaran yang telah dilakukan.
  5. Mendesain penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang berdasarkan tema atau sub tema yang telah diajarkan.
  6. Melaporkan hasil penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang telah dicapai. Hasil penilaian ini akan dijadikan dasar bagi pendidik untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Selanjutnya hasil evaluasi ini digunakan untuk mengidentifikasi tema dan Materi Pokok kembali.

Demikianlah info terkait Langkah Pengembangan Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.

Sumber: Model Silabus SD MI Tematik Terpadu, Kemdikbud .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: