Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD

Bertema.com – Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD. 

Pada kesempatan ini Admin Bertema akan membagikan Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD.

Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD. merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan/ lembaga PAUD.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu Direktorat di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tugas dan fungsi untuk menyusun norma, standar, kriteria,

dan prosedur di bidang Pendidikan Anak Usia Dini PAUD, serta memfasilitasi pemberian bantuan kepada masyarakat, lembaga,

dan organisasi mitra PAUD dalam rangka mendukung tercapainya ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan, dan keterjaminan layanan PAUD di seluruh Indonesia.

Seiring dengan kebijakan tersebut, Direktorat PAUD terus berupaya menyempurnakan dan menyelaraskan setiap program dengan kondisi terkini

sehingga setiap program yang dijalankan dapat mengantisipasi berbagai hal terkait dengan penyelenggaraan PAUD di seluruh Indonesia secara efektif dan signifikan.

Salah satu program utama Direktorat PAUD adalah pembinaan, penguatan kompetensi, dan pengelolaan implementasi literasi dasar

dalam menyiapkan generasi abad ke-21 melalui berbagai pendekatan dan diversifikasi kurikulum PAUD yang sedang dijalankan.

Baca: 7 Kunci Rahasia Autopilot Bisnis Online

Salah satu program pembinaan prioritas adalah pengintegrasian pendidikan kemaritiman di satuan/lembaga PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk menjamin penyelenggaraan, pengelolaan, dan pelaksanaan pendidikan kemaritiman di satuan/ lembaga PAUD,

modul yang dapat mendukung Penerapan Pembelajaran Coding di Satuan/ Lembaga PAUD di Indonesia dipandang perlu diterbitkan.

Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD

Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD

Modul ini disusun oleh tim yang telah diseleksi oleh Direktorat PAUD dari berbagai sumber, yaitu unsur akademisi, birokrasi, dan praktisi.

Dengan bahan ajar ini, penerapan pendidikan kemaritiman di satuan/ lembaga PAUD diharapkan dapat berjalan dengan lebih efektif dan optimal.

Modul ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan/ lembaga PAUD dalam penerapan pendidikan kemaritiman.

Kegiatan ini dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik
PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang berkualitas.

Dalam implementasinya, konsep pendidikan kemaritiman dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan/ lembaga PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Modul ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sealnjutnya Modul ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Baca Juga: Download Modul Literasi dan STEAM Pembelajaran PAUD

Tujuan Modul

Para pendidik dan pengelola sekalian, PAUD merupakan pendidikan fundamental yang dapat menyiapkan anak mengikuti pendidikan selanjutnya secara lebih baik.

Selain itu, berdasarkan berbagai hasil penelitian, pertumbuhan dan perkembangan anak-anak juga akan terfasilitasi dengan lebih optimal melalui PAUD.

Oleh karena itu, kesertaan anak-anak di PAUD merupakan fondasi dalam menyiapkan generasi penerus bangsa sejak dini,

yaitu calon warga negara yang berkualitas dan Pancasilais yang dapat berkiprah serta berkontribusi optimal dalam pembangunan dan kemajuan Indonesia.

Untuk membekali dan menghasilkan generasi berkualitas dan Pancasilais (beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; mandiri; bernalar kritis; berkebinekaan global;

bergotong-royong; dan kreatif) sejak dini, semua komponen pendidikan harus bersinergi dan berupaya untuk mewujudkannya dengan bersungguh-sungguh.

Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD dalam rangka Penguatan Kompetensi Dasar Sejak Dini dapat Anda baca dan mengunduhya melalui tautan di bawah ini.

[ Unduh ]

Untuk melengkapi pemahaman Anda sebagai pendidik, pengelola maupun pemerhati satuan pendidikan PAUD, sebaiknya Anda juga memiliki Modul Pembelajaran Sosial Finansial lainnya.

1. Modul 1 Konsep Pendidikan Sosial Finansial dalam KTSP di Satuan PAUD [ Unduh ]

2. Modul 3 Media, metoda dan Sumber belajar dalam Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD [Unduh]

3. Modul 4 Penerapan Penilaian Pendidikan Sosial Finansial di Pendidikan Anak Usia Dini PAUD [ Unduh ]

Selain Modul Pembelajaran PAUD Anda juga mengunduh Modul-Modul untuk Satuan Pendidikan PAUD Lainnya, yaitu:

1. Modul Pembelajaran Coding di Satuan Pendidikan PAUD [ Unduh ]

2. Modul Pendidikan Kebencanaan di Satuan Pendidikan PAUD [ Unduh ]

3. Modul Pendidikan Kemaritiman di Satuan Pendidikan PAUD [ Unduh ]

Baca Juga: Instrumen PKG Terbaru Revisi Buku 2 Pedoman Pengelolaan PKG

Semoga Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Sosial Finansial di Satuan Pendidikan PAUD dalam rangka Penguatan Kompetensi Dasar Sejak Dini yang Admin bagikan bermanfaat bagi Anda.

%d bloggers like this: