Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K 2021

Bertema.com – Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN.

Pada tahun 2021 pemerintah akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi guru honorer atau non-PNS. 

Pendaftaran PPPK akan diprioritaskan untuk formasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang nantinya akan ditempatkan di berbagai daerah.

Hal ini berkaitan dengan masih kurangnya jumlah guru serta tenaga kesehatan di Indonesia.

Jumlah formasi yang dibuka untuk pendidik sebanyak satu juta guru dengan tetap mepertim-bangkan kompetensi calon guru.

Pertimbangan kompetensi dalam seleksi guru PPPK dengan tujuan karena pemerintah menempat-kan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional.

SDM unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global, dan guru memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan SDM unggul.

Karena itu diperlukan tenaga pendidik dengan kompetensi tinggi yang jumlahnya juga harus sesuai dengan sebaran satuan pendidikan di Tanah Air.

Sementara itu Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan skema rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K)

bagi sejumlah jabatan aparatur sipil negara (ASN), termasuk guru pada 2021 dan pemerintah berencana melakukan rekrutmen satu juta guru PPPK tahun ini.

Dalam rekrutmen ini para guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-honorer K-2), sangat terbuka untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru PPPK (P3K). 

Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik.

Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Pancasila yang prima.

Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen utama dalam pendidikan sehingga menjadi fokus perhatian Pemerintah Pusat

maupun Pemerintah Daerah dalam seleksi Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).

Seleksi Guru ASN PPPK dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan.

Pembukaan seleksi untuk menjadi guru ASN P3K adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak.

Pemerintah membuka kesempatan menjadi guru ASN P3K bagi:

1) Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori dua yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau P3K sebelumnya.

2) Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; dan

3) Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Seleksi guru ASN P3K kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya formasi untuk guru ASN P3K terbatas.

Sedangkan pada tahun 2021 semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi.

Seleksi kompetensi P3K Honorer 2021 menggunakan computer assisted test (CAT) dan wawancara berbasis komputer.

Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K 2021

Modul Belajar Madiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN

Pada seleksi kompetensi P3K menggunakan CAT, setiap peserta bakal diberi 150 soal terdiri dari 50 soal Kompetensi Teknis, 40 soal Bakat skolastika, 30 soal kompetensi manajerial dan 20 soal soal kompetensi sosio kultural.

Sedangkan tes wawancara 10 soal berbasis komputer.

Dengan alokasi waktu 60 menit untuk kompetensi teknis, 60 menit tes bakat skolastik, 25 menit kompetensi manajerial, 15 menit kompetensi sosio kultural dan 10 menit wawancara berbasis komputer.

1. Kompetensi Teknis

Kompetensi Teknis untuk mngukur pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan bidang teknis jabatan.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik merupakan tes yang mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

3. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial digunakan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan mengelola organisasi.

4. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi Sosial Kultural digunakajn untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

5. Pertanyaan Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak, yaitu calon Guru ASN P3K dan narasumber untuk memperoleh suatu data terkait profesi guru.

Modul Belajar Madiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K

Untuk mempersiapkan calon guru ASN P3K siap dalam melaksanakan seleksi guru ASN PPPK, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK)

mempersiapkan Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri,

pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru ASN P3K secara mandiri.

Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K akan disajikan dalam konsep pembelajaran mandiri

menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi,

Dan Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar

atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru ASN P3K tetapi dapat dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya.

Modul belajar mandiri calon guru P3K ini memuat model kompetensi yang berisi target kompe-tensi guru dan indikator pencapaian kompetensi untuk memudahkan guru empelajarinya.

Secara garis besar Modul Belajar Madiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K berisi pembelajaran-pembelajaran sebagai berikut.

● Pembelajaran 1. Pembelajaran IPA dan Konsep IPBA
● Pembelajaran 2. Kinematika dan Dinamika Gerak, serta Suhu dan Kalor
● Pembelajaran 3. Gelombang, Optik, dan Listrik Magnet

Modul Belajar Madiri bagi Calon Guru ASN P3K memberikan pengalaman belajar bagi calon guru P3K dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran dari setiap materi dan substansi materi yang disajikan.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru P3K

mudah memahami teori dan konsep bidang studi bahasa Indonesia, sekaligus mendorong guru untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Rangkuman pembelajaran selalu diberikan di setiap akhir pembelajaran yang berfungsi untuk memudahkan dalam membaca substansi materi esensial, mudah dalam mengingat pembelajaran

dan materi-materi esensial, mudah dalam memahami pembelajaran dan materi-materi esensial, dan cepat dalam mengingat kembali pembelajaran dan materi-materi esensial.

Petunjuk Mempelajari Modul Belajar Madiri bagi Calon Guru ASN P3K

Secara umum, cara penggunaan modul belajar mandiri bagi calon guru P3K pada setiap Pembelajaran disesuaikan dengan skenario setiap penyajian susbstansi materi bidang studi.

Modul Belajar Madiri ini dapat digunakan dalam kegiatan peningkatan komptensi guru bidang studi,

baik melalui untuk moda mandiri, maupun moda daring yang menggunakan konsep pembelajaran bersama dalam komunitas pembelajaran secara daring.

Dari Gambar di atas dapat dilihat bahwa akses ke modul belajar mandiri dapat melalui SIMPB, dimana modul belajar mandir akan didapat secara mudah dan dipalejari secara mandiri oleh calon Guru P3K.

Modul Belajar Madiri ini dapat di unduh dan dipelajari secara mandiri, system LMS akan memberikan perangkat ajar lainnya dan latihan-latihan soal yang dimungkinkan para guru untuk berlatih.

Sistem dikembangkan secara sederhana, mudah, dan ringan sehingga user friendly dengan memanfaatkan komunitas pembelajaran secara daring,

sehingga segala permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran mandiri dapat di selesa-ikan secara komunitas,

karena konsep dari modul belajar ini tidak ada pendampingan Narasumber / Instruktur / Fasilitator sehingga komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat membantu guru.

Selengkapnya Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K dapat anda unduh di sini.

Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru ASN P3K dapat anda unduh melalui tautan di bawah ini.

1. Modul Belajar Mandiri Bahasa Indonesia bagi Calon Guru ASN P3K

2. Modul Belajar Mandiri Bahasa Inggris bagi Calon Guru ASN 2021

3. Modul Belajar Mandiri Biologi bagi Calon Guru ASN P3K 2021

4. Modul Belajar Mandiri Fisika bagi Calon Guru ASN P3K 2021

5. Modul Belajar Mandiri Ekonomi bagi Calon Guru ASN P3K 2021

6. Modul Belajar Mandiri IPA-Biologi bagi Calon Guru ASN P3K 2021

Demikian informasi terkait Modul Belajar Mandiri IPA-Fisika bagi Calon Guru ASN P3K, semoga bermanfaat.