Tips Berkomunikasi Secara Efektif

Bertema.com – Tips Berkomunikasi Secara Efektif.

Dalam aktifitas kehidupan sehari-hari baik di rumah, masyarakat maupun dalam organisasi pasti terjadi komunikasi. Semua orang pasti mampu menyampaikan pesan atau berkomunikasi, namun tidak semua orang dapat berkomunikasi secara efektif. Tips Berkomunikasi Secara Efektif.

Keterampilan berkomunikasi secara efektif bukan merupakan pembawaan dari lahir, sebenarnya kita dapat melatihnya. Tentunya kita harus belajar bagaimana agar pesan yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh si penerima pesan.

Admin mencoba membagikan tips berkomunikasi secara efektif yang admin sarikan dari manajemen sekolah.

Berpikir dan berbicaralah dengan jelas

Kejelasan jalan pikiran dan lafal anda ketika berbicara akan memudahkan orang lain menangkap apa yang anda sampaikan. Sebagai komunikator anda harus membiasakan diri untuk berfikir secara sistematik dan berbicara dengan jelas.

Ada sesuatu yang penting

Dalam berkomunikasi harus ditekankan pentingnya substansi yang dikomunikasikan. Dengan demikian komunikan merasa memperoleh pesan atau informasi yang berharga.

Baca: Membangun Komunikasi Efektif di Sekolah

Tujuan yang jelas

Adanya tujuan yang jelas akan membantu anda sebagai komunikator memfokuskan proses komunikasi pada masalah tertentu. Tidak adanya tujuan yang jelas menjadikan komunikasi tidak bermakna yang dapat membingungkan komunikan.

Pengusaan terhadap masalah

Anda akan lebih mudah menjelaskan sesuatu, apabila anda menguasai masalahnya. Oleh sebab itu sebelum anda mengkomunikasikan ide atau gagasan sebaiknya dipelajari secara mendalam. Penguasaan gagasan yang akan disampaikan dapat memperkuat jati diri anda sebagai komunikator.

Pemahaman terhadap proses komunikasi dan menerapkannya dengan konsisten sangat penting untuk mendukung efektivitas komunikasi.

Mendapatkan empati dari komunikan

Untuk mendapatkan empati dari komunikan, anda harus menempatkan diri sebagai bagian dari mereka. Sehingga tidak ada jurang pemisah antara komunikator dengan komunikan.

Selalu gunakan kontak mata, suara jangan terlalu keras, tetapi juga jangan terlalu lemah. Hindari ucapan pengganggu misalnya e…., anu, dsb. Karena komunikan akan menganggap anda kurang menguasai masalah.

Komunikasi harus direncanakan

Pesan yang akan disampaikan perlu anda rencanakan terlebih dahulu, oleh karena itu yang perlu dipelajarai adalah:

Apa pesan yang akan dikomunikasikan, apa inti pesan dan tujuan yang akan dicapai.

Siapa komunikan yang dituju, sehingga anda dapat mempelajari karakteristiknya terlebih dahulu.

Konseplah skenario yang sesuai dengan inti pesan dan karakteristik komunikan. Dalam skenario tersebut perlu dibuat urutan mulai dari pengantar sampai dengan penutup. Termasuk juga bagaimana cara mendapatkan umpan balik.

Baca: Tips Belajar Agar Lebih Efektif dan Efisien

Demikianlah Tips Berkomunikasi Secara Efektif, mudah-mudahan menambah referensi bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: