Download Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD

Bertema.com – Download Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD.

Pada kesempatan ini admin Bertema akan berbagi informasi terkait Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD.

Dengan memahami Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD pada Kurikulum Merdeka, dapat membantu para guru dalam pembelajaran.

Untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna, pembelajaran perlu berpihak dan memberi kemerdekaan kepada peserta didik.

Merdeka belajar memungkinkan peserta didik terlibat dalam pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan dan karakteristiknya.

Keberhasilan pembelajaran tidak hanya bergantung pada pendidik.

Peran pemangku kepentingan lain sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran yang bermakna.

Ketika peserta didik menjadi seorang pelajar yang merdeka, peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan pada proses pembelajaran

serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik baik kepada diri sendiri, peserta didik lain, kepada pendidik dan kepada para pemangku kepentingan lainnya.

Pembelajaran paradigma baru memastikan praktik pembelajaran untuk berpusat pada peserta didik.

Dengan paradigma baru ini, pembelajaran merupakan satu siklus yang berawal dari pemetaan standar kompetensi, perencanaan proses pembelajaran,

dan pelaksanaan asesmen untuk memperbaiki pembelajaran sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Pembelajaran paradigma baru memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Pada pembelajaran paradigma baru, Profil Pelajar Pancasila berperan menjadi penuntun arah

yang memandu segala kebijakan dan pembaharuan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk pembelajaran, dan asesmen.

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD.

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran PAUD.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem
perbukuan.

Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar.

Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020

tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya.

Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk Satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah
Penggerak.

Tentunya umpan balik dari guru, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD menyajikan kerangka dasar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru.

Tujuan hadirnya buku ini adalah untuk membantu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru.

Sasaran pembaca utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD.

Namun, buku ini juga perlu dibaca dan dipahami oleh para pengelola/kepala sekolah, para penilik/ pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.

Buku ini merupakan buku pertama dari serangkaian buku panduan guru lain.

Sebagai buku pertama, buku ini memuat konsep dan kerangka besar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru yang mendukung konsep-konsep di buku panduan lain.

Jika buku ini diibaratkan seperti cetak biru rumah, maka buku lain diibaratkan dari penggambaran detail bagian-bagian rumah tersebut.

Buku ini terdiri dari empat bab.

1. Bab pertama membahas tentang karakteristik khusus struktur kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru.
2. Bab kedua membahas tentang bagaimana satuan PAUD menerjemahkan kurikulum menjadi Kurikulum Operasional Sekolah dan rancangan pembelajaran harian.                                                                                                                        3. Bab ketiga pembahas bagaimana guru dapat mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna bagi anak.
4. Bab keempat membahas asesmen otentik sebagai lanjutan dari implementasi pembelajaran dan memberi pijakan bagi perencanaan selanjutnya.

Selengkapnya Buku PG Pengembangan Pembelajaran PAUD dapat Anda baca dan atau Unduh melalui tautan di bawah ini.

Buku PG Pengembangan Pembelajaran PAUD [UNDUH]

Baca Juga: Download Struktur Kurikulum PAUD Merdeka Belajar

Demikian informasi terkait Buku PG Pengembangan Pembelajaran PAUD, Semoga Bermanfaat.